Today

Heboh! Ada Bendera Merah Putih Dalam Aksi Demo di Capitol Hill Amerika, Milik Indonesia?

CIANJURTODAY.COM, Amerika – Sebuah foto membuat geger netizen Indonesia karena menunjukkan aksi demo di Capitol Hill ada bendera berwarna merah putih berkibar di antara kerumunan massa.

Bendera berwarna merah putih terlihat dibawa seorang demonstran di demo Capitol Hill, Amerika Serikat (AS), pada Kamis (7/1/2021). Sekilas bendera itu tampak seperti bendera Indonesia dari warnanya, tetapi ternyata bukan.

Jika dicermati bendera itu adalah logo negara bagian North Carolina, yang memang berwarna merah putih, tetapi ada simbol-simbol di sampingnya. Di sisi kiri warna merah putih, terdapat area biru dengan huruf N dan C yang mengapit satu bintang putih.

Area biru itu lebarnya kira-kira sepertiga ukuran bendera. Di atasnya ada pita emas bertuliskan May 20th 1775 dan pita di bawah tertulis April 12th 1776.

Dilansir dari NCPEDIA.org, dulu di Colonial North Carolina, bendera yang paling sering dipasang adalah bendera negara induk koloni, Inggris, dan Inggris Raya. Banyak bendera lokal kemungkinan besar dipakai di dalam perbatasan negara selama Perang Revolusi, tetapi tidak banyak informasi tentangnya di internet. North Carolina sendiri baru punya bendera negara bagian sejak konvensi konstitusional 1861.

John D Whitford, delegasi dari Craven County, menganjurkan pembuatan bendera negara bagian dengan area biru dan V putih di atasnya, serta satu bintang yang melingkari kata-kata “Surgist astrum, 20 Mei 1775”.
Delegasi konvensi lalu membentuk komite pembuatan bendera, tapi tidak memakai desain yang diusulkan Whitford.

Komite itu lalu merancang bendera yang terdiri dari bidang merah dengan bintang putih di tengah, dan dengan tulisan di atas bintang, serta bentuk setengah lingkaran. Setelah melalui berbagai perdebatan, akhirnya disepakati desain yang dipakai adalah buatan William G Browne.

Pada 20 Mei 1775 merujuk pada Deklarasi Kemerdekaan Mecklenburg dari Britania Raya. Kemudian, 12 April 1776 menunjuk pada penghormatan hari Halifax Resolves. Bendera itu berkibar di North Carolina sampai tahun 1885, lalu desainnya diganti lagi berkat usulan badan legislatif negara bagian. Desain barunya seperti yang kita lihat sekarang. Bintang putih di tengah dengan huruf N emas di kiri dan C emas di kanan.

Bendera ini sempat jadi kontroversi di Deklarasi Kemerdekaan Mecklenburg, dan tidak banyak berubah sejak 1885. Sampai sekarang hanya sedikit perubahan yang dialami bendera North Carolina, yaitu pada ukuran panjangnya dan penghapusan dua koma.(sis)

Berita terkait

Berikan Komentar Kalian

Back to top button

Harap Ijinkan Iklan di Situs Kami

Sepertinya Anda menggunakan pemblokiran iklan. Kami mengandalkan iklan untuk membantu mendanai situs kami