Today

Heboh Donald Trump! Akun Twitter Ditutup Permanen hingga Kegembiraan Para Selebriti Hollywood

CIANJURTODAY.COM, Amerika – Akun Twitter Presiden AS Donald Trump telah resmi ditangguhkan secara permanen oleh Twitter. Hal ini menyusul terjadinya kerusuhan di Amerika pada beberapa waktu lalu.

“Karena risiko hasutan kekerasan lebih lanjut,” kata Manajemen Twitter, Sabtu (9/1/2021).

Twitter mengatakan, keputusan itu dibuat setelah meninjau lebih dekat tweet terbaru dari akun @realDonaldTrump. Beberapa anggota parlemen dan selebriti dikatakan telah menyerukan selama bertahun-tahun di Twitter untuk melarang Trump sama sekali.

Pada Kamis (7/1/2021), mantan Ibu Negara Michelle Obama juga men-tweet bahwa raksasa Silicon Valley harus berhenti mengaktifkan ‘perilaku mengerikan’ Trump dan secara permanen mengusirnya.

Sebelumnya, Trump tidak dapat mengakses akunnya selama 12 jam pada hari Rabu (6/1/2021) setelah dia menyebut orang-orang menyerbu Capitol AS “patriot”. Ratusan pendukungnya memasuki gedung Capitol saat Kongres AS berusaha untuk mengesahkan kemenangan Joe Biden dalam pemilihan presiden. Kekerasan yang terjadi kemudian menyebabkan kematian empat warga sipil dan seorang petugas polisi.

Twitter kemudian memperingatkan bahwa mereka akan melarang Trump “secara permanen” jika dia melanggar aturan platform lagi.

Setelah diizinkan kembali ke Twitter, Trump memposting dua tweet pada Jumat (8/1/2021) yang dikutip perusahaan sebagai hasil akhir.

Dalam satu cuitannya, dia menulis: “75.000.000 Patriot Amerika yang hebat yang memilih saya, AMERIKA PERTAMA, dan MEMBUAT AMERIKA HEBAT LAGI, akan memiliki SUARA YANG RAKSASA di masa depan. Mereka tidak akan dihina atau diperlakukan tidak adil dengan cara, bentuk, atau bentuk!!!,”

Usai keputusan Twitter tersebut, deretan artis Hollywood pun berterima kasih dan bersorak-sorai mengetahui Twitter resmi menutup permanen akun milik Donald Trump pada Jumat (8/1) waktu setempat. Penutupan dilakukan setelah bertahun-tahun Twitter dikritik karena membiarkan Trump yang menjabat sebagai Presiden AS menyebarkan informasi yang salah.

Aktris sekaligus komedian Julia Louis-Dreyfus menanyakan alasan penutupan yang dinilai terlambat. “Apa yang membuatmu lama melakukan ini @jack?” cuit Julio Louis sambil me-mention akun CEO Twitter Jack Dorsey.

Aktor Sacha Baron Cohen juga turut senang saat mengetahui hal tersebut. Sebelumnya, ia juga sempat menyerukan agar Twitter bisa menutup akun Trump setelah lima orang meninggal dunia akibat rusuh di Capitol AS.

“Twitter akhirnya menutup permanen Trump! Kita berhasil,” cuit Sacha Baron Cohen.

Sedangkan Chrissy Teigen hanya mencuitkan bunyi tawa dalam huruf besar saat mengomentari penutupan akun Twitter Donald Trump.

“AHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHA,” cuitnya.

Mark Ruffalo sebagai aktor yang sering mengomentari Donald Trump berterima kasih kepada Twitter atas keputusan tersebut.

“Terimakasih @Twitter beserta jajarannya #BanTrumpSaveDemocracy #RemoveTrumpNow,” tulis @MarkRuffalo.

Sebelumnya, Twitter resmi menangguhkan permanen akun Donald Trump, @realDonaldTrump. Keputusan itu diambil setelah melakukan review dari sejumlah cuitan Trump dalam beberapa hari terakhir, termasuk melihat konteks, respons, serta penafsiran baik di dalam dan luar Twitter.

“Kami telah secara permanen menangguhkan akun tersebut karena risiko hasutan lebih lanjut untuk melakukan kekerasan,” kata Twitter dalam pernyataan resmi.

Hingga kini, Trump memiliki lebih dari 88,8 juta pengikut di Twitter. Ia kini resmi ‘dicabut’ dari platform media sosial tersebut setelah Twitter selama bertahun-tahun dikritik akibat memberikan hak spesial walau Trump dinilai kerap melanggar peraturan.

Sementara itu, dilansir AFP, Trump memberi isyarat kepada para pengikutnya di Twitter bahwa pihaknya akan memiliki platform baru untuk kembali berinteraksi.

“Kami telah bernegosiasi dengan berbagai situs lain, dan akan segera mengumumkannya. Kami juga melihat kemungkinan [untuk] membangun platform kami sendiri dalam waktu dekat. Kami tidak akan DIAM,” ujar Trump.(sis)

Berita terkait

Berikan Komentar Kalian

Back to top button
Enable Notifications OK No thanks