Olahraga

Heboh! Elkan Baggot Tolak Bergabung dengan Timnas Indonesia, Begini Pengakuannya

CIANJURTODAY.COM – Nama Elkan Baggot tengah ramai dibicarakan warganet, pasalnya ia disebut menolak bergabung dengan Timnas Indonesia.

Namun, pemain berusia 19 tahun tersebut akhirnya buka suara dan meminta maaf atas isu tak sedap yang beredar di media sosial.

Diketahui, Elkan dipanggil pelatih Shin Tae-yong agar bisa bergabung pada pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2022 di Dubai, Uni Emirat Arab pada Juni lalu. Namun, kenyataannya dia tidak datang.

Sebelumnya, Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan menyayangkan sikap Baggot. Padahal, menjelang Piala Dunia U-20 2021 yang akhirnya dibatalkan, Baggot mengejar PSSI agar bisa masuk dalam tim.

“Kami sayangkan itu. Dulu waktu mau masuk Timnas U-19 ngejar-ngejar kami, tapi sekarang ditawari timnas yang ada, dia tidak ada respons,” paparnya.

Malah, sempat muncul tudingan kalau Baggot ingin membela negara lain. Hal itu berdasarkan indikasi penolakan yang ditawarkan PSSI kepadanya.

“Kelihatannya begitu. Sudah beberapa kali kita kontak. Bahkan biometrik KTP kita fasilitasi waktu itu, dia tidak datang. Tidak masalah. Masih banyak pemain Indonesia lainnya,” tuturnya.

Klarifikasi dan Permintaan Maaf Elkan Baggot

Pada Sabtu (23/10/2021) kemarin, ternyata Baggot sudah mengirim surat kepada PSSI. Intinya dia meminta maaf karena belum bisa bergabung dengan Timnas Indonesia, termasuk ketika bermain di Dubai beberapa waktu lalu, karena situasi pandemi Covid-19.

Dia mendapat saran oleh pemerintah Inggris dan klubnya, Ipswich Town, bahwa sangat berisiko jika tetap berangkat ke Dubai waktu itu.

Pada surat tersebut, Elkan juga berjanji siap memberikan segalanya untuk Timnas Indonesia. Apalagi dengan kondisi Covid-19 di Inggris dan Indonesia semakin membaik.

“Sebelumnya saya meminta maaf, semoga Ketua Umum PSSI (Mochamad Iriawan) mengerti alasannya saya. Saat ini saya siap memberikan segalanya untuk Timnas Indonesia demi mencapai tempat (target) yang seharusnya,” kata Elkan Baggott, mengutip situs resmi PSSI.

Dari PSSI pun mengonfirmasi soal surat dari Baggot itu. Mereka bisa paham dengan alasan yang disampaikan pemain kelahiran Thailand itu.

Iriawan atas nama PSSI sudah memberi maaf kepada Baggot dan membuka kembali pintu untuk bergabung ke timnas kepada sang pemain.

“Kalau dari sudut pandang saya, membela tim nasional Indonesia itu adalah hak semua pemain. Kami sudah maafkan dirinya dan meminta dirinya untuk bergabung ke Timnas Indonesia bila dibutuhkan oleh pelatih,” tandasnya.(ct7/sis)

Berita terkait

Berikan Komentar Kalian

Back to top button