Today

Herman Suherman Angkat Bicara Soal Mandala Kitri

CIANJURTODAY.COM, Cianjur – Plt Bupati Cianjur, Herman Suherman, angkat bicara soal kabar alih fungsi alih fungsi Mandala Kitri Scout Camp (MKSC) menjadi tempat wisata. Kabar alih fungsi itu pun sampai membuat para pegiat Pramuka di Cianjur membuat petisi penolakan.

Ketika ditanyai soal alih fungsi MKSC yang kini ramai diperbincangkan, Herman mengaku pihaknya belum sampai pada tahapan tersebut. Bahkan, ia mengungkapkan, pihaknya akan membuat bumi perkemahan di Campaka.

“Mandala Kitri? Oh, belum, belum sampai situ. Malah, kami akan membuat bumi perkemahan di Campaka. Nanti di sana dibuat bumi perkemahan,” katanya kepada Cianjur Today, Selasa (07/01/2020).

Masyarakat Bikin Petisi

Sebelumnya, kabar alih fungsi membuat masyarakat membuat petisi online menolak dialihfungsikannya Mandala Kitri Scout Camp dengan tagar #savemksc. Mayoritas orang yang menandatangani petisi tersebut berasal dari pelajar.

Seperti, Andri (16) pelajar asal SMA Al Irsyad Boarding School, merasa keberatan atas dialihfungsikannya MKSC. Menurutnya MKSC merupakan satu-satunya tempat kegiatan untuk seluruh anggota pramuka di wilayah Cipanas

“Kita biasa berkemah atau mengadakan jambore cabang dan pertemuan-pertemuan anggota dari mulai tingkat Siaga, Penggalang, dan Penegak. Kalau mau dipindahkan, akan sulit bagi kami untuk mencari tempat yang bagus,” ujarnya, Senin (6/1/2020).

Senada, pelajar lainnya, Lia Amelia (17) mengungkapkan ketidaksetujuannya. Hal itu karena Mandala Kitri Cibodas merupakan satu-satunya tempat perkemahan yang memadai dalam kegiatan pramuka.

“Tempat perkemahan atau seluruh kegiatan Pramuka yang memadai ya hanya di Mandala Kitri. Kalau misalnya dirubah, pasti sulit menemukan tempat yang serupa, dari fasilitasnya ataupun aksesnya,” ujarnya.

Ia menambahkan hal ini bukan hanya untuk anggota Pramuka di kawasan Cianjur utara saja.

“Ya ini kan untuk semua anggota pramuka di kawasan cianjur utara, bahkan buat Kabupaten dan Juga Nasional. Jadi kalau direncanain diubah, sebaiknya jangan, karena akan banyak ruginya buat pramuka Cianjur,” jelasnya.

Di lain pihak, pegiat Pramuka Cipanas, Irawan, menyayangkan apabila kabar tersebut akan dilaksanakan pemerintah. Baginya, alih fungsi MKSC ini akan menghilangkan sejarah-sejarah kepramukaan yang ada di Kabupaten Cianjur.

“Sejarah yang tercatat di Mandala kitri itu sudah banyak sekali, bahkan itu kan berawal dari Jambore Nasional. Kalau seandainya diubah begitu saja akan menghilangkan nilai-nilai sejarahnya,” ucapnya.

Ia mengatakan, Mandala Kitri harusnya lebih dikembangkan menjadi wadah gerakan kepramukaan Kabupaten Cianjur.

“Ibaratnya kan ini udah jadi heritage, harusnya dilestarikan dan dikembangkan dong, bukan malah diganti. Kalau urusannya wisata dan pendapatan daerah, memang tidak ada tempat lebih baik untuk buat tempat wisata?” tuturnya.(afs/ct6)

Berita terkait

Berikan Komentar Kalian

Back to top button

Harap Ijinkan Iklan di Situs Kami

Sepertinya Anda menggunakan pemblokiran iklan. Kami mengandalkan iklan untuk membantu mendanai situs kami