Today

HJC ke-341, Yuk Kita Sama-sama Tata Kota

CIANJURTODAY.COM, Cianjur – Momentum hari jadi Cianjur (HJC) ke 341, setiap 12 Juli dimaknai oleh Wakil Bupati Cianjur Herman Suherman dengan cara mengajak seluruh lapisan masyarakat Cianjur untuk sama-sama menjaga  pemeliharaan tata kota yang sudah dibangun sedemikian rupa oleh Pemkab Cianjur.

Usai melaksanakan rangkaian upacara di Pendopo Kabupaten Cianjur, Herman yang memang dikenal punya kepribadian resik ini, ingin menularkan lagi kebiasaan baiknya tersebut kepada warganya. Dia memaparkan, dalam wujud bakti kepada Cianjur yang di usia ini, dirinya meminta kepada warga agar mau dan bersedia menjaga lingkungan.

“Kami meminta kepada para warga agar peran aktif dalam pemeliharan tata kota. Misalnya, kalau ada genangan air, atau sampah kami harap warga yang melihatnya tidak berdiam diri. Melainkan bergerak untuk segera membersihkannya. Terutama yang mempunyai toko dan rumahnya didalam kota, terlebih jangan dilalui mobil kendaraan berat, sehingga para pejalan kaki merasa aman dan nyaman”, paparnya.

Melalui keterlinatan masyarakat dalam pemeliharaan tata kota, lanjut Herman, tentunya akan sangat membantu bagi Pemkab Cianjur untuk mewujudkan visi misi yang maju dan agamis. Pasalnya, pemerintah pastinya keterbatasan SDM, terlebih kekurangan alat untuk pemeliharaan keutuhan kota tersebut.

“Makanya kami sangat mengharapkan peran aktif masyarakat Cianjur dalam pemeliharan kota. Karenanya, Cianjur termasuk wilayah layak anak, dengan dibangunnya taman-taman disepanjang jalur trotoar kota. Sehingga masyarakat merasa senang dan punya rasa memiliki kepuasan sendiri”, tuturnya.

Jauh bercerita, kata Herman, sejatinya HJC mempunyai sejarah panjang di balik usianya kini. Dahulu disebutkannya, konon pada zaman Belanda yang merintis HJC adalah Ajat Sudrajat, namun kiranya pada saat itu kurang informasi dan masih kekurangan ITE, sehingga ada beberapa dokumen Cianjur yang diboyong ke Belanda.

“Sehingga sebagian peringatan adat HJC masih sedikit kurang nyambung. Tapi itu akan dibicarakan dan menjadi PR bersama. Bahkan kami pun juga sudah bicara dengan pakar Budaya”, pungkasnya.(RIZ)

Berita terkait

2 Comments

Berikan Komentar Kalian

Back to top button