Gaya Hidup

Hoaks Gambar Virus Corona yang Diperbesar Beredar

CIANJURTODAY.COM – Sebuah gambar atau foto disebut merupakan virus corona beredar di sosial media akhir-akhir ini. Disebutkan dengan keterangan gambar atau foto virus corona itu hasil diperbesar 2.600 kali.

Namun setelah ditelusuri foto tersebut adalah hoaks. Ternyata foto yang dianggap virus covid-19 merupakan salah satu jenis kumbang. Dikutip dari Liputan6.com, foto yang disebut sebagai wujud asli virus Corona, kemudian dilacak menggunakan Googel Image untuk mengecek kebenarannya.

Setelah ditelusuri, kemudian hasil penelusuran mengarah pada akun Twitter @helios_en milik situs eheliosworld.com . Akun tersebut pernah mengunggah foto serupa, pada 25 Februari 2020. Dalam keterangan fotonya menjelaskan.

“Weevils are from the Curculionoidea superfamily of beetles. They are quite small, measuring less than 6 millimetres (4 inch) and are herbivorous, with a particular love for flour, oats, barley and breakfast cereals Bowl with spoon”

Atau secara singkatnya Keterangan foto akun Twitter @helios_en menjelaskan, bahwa objek foto tersebut merupakan seekor kumbang yang berasal dari keluarga kumbang Curculionoidea.

Mereka cukup kecil, berukuran kurang dari 6 milimeter (4 inci) dan herbivora, menyukai tepung, gandum, gandum dan sereal sarapan.

Selain akun diatas, penelusuran juga mengarah pada salah satu artikel, berjudul “Ini adalah foto tampilan dekat satu jenis kumbang” dimuat situs periksafakta.afp.com, pada 11 Maret 2020.

Artikel tersebut menyatakan, “Kumbang bukan termasuk jenis virus. Menurut artikel Encyclopaedia Britannica, kumbang kecil adalah sejenis serangga dari keluarga Curculionide.”

Adapun Situs shutterstock.com yang juga sempat memuat video kumbang, dengan bentuk serupa dengan foto yang diduga virus Corona. Video tersebut berisi keterangan sebagai berikut:

“Tropical weevil from the Ecuadorian Amazon, close-up.”

Disana disebutkan bahwa mahluk yang diklaim sebagai penampakan virus corona tersebut, ternyata merupakan kumbang tropis dari Amazon Ekuador.(ct2/rez)

Sumber: Liputan6 | Foto: Turnbackhoax.id

Baca Selengkapnya

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button
Close
Close

Dukung kami dengan Matikan Adblock

Please consider supporting us by disabling your ad blocker