Today

Hore! Diskoperdagin Cianjur Buka Lagi Pendaftaran Bantuan BPUM UMKM

CIANJURTODAY.COM, Cianjur – Dinas Koperasi UKM Perdagangan dan Perindustrian (Diskoperdagin) Kabupaten Cianjur, membuka kembali pendaftaran Banpres Produktif bagi Usaha Mikro (BPUM). Program tersebut merupakan batuan pemerintah untuk para pelaku UMKM

Kabid Koperasi UKM Diskoperdagin Cianjur, Indra Sunggara, mengatakan pihaknya telah membuka pendaftaran BPUM UMKM melalui dua sistem yaitu secara online dan manual.

“Pendaftaran yang pertama secara online dengan link https://bit.ly/bmkpUMKMcianjur dan manual melalui usulan Kecamatan dan perangkat di bawahnya,” ujarnya kepada Cianjur Today, Jumat (16/10/2020).

Pada tahap pertama, udah ada 108.000 pelaku UMKM yang diusulkan pada Kementerian Koperasi UKM RI untuk menerima bantuan tersebut. Jumlah itu terkumpul sampai tanggal 18 September 2020, sesuai dengan Permenkop No 6 tahun 2020.

“Batas pengumpulan data yaitu minggu ke-2 bulan September tahun 2020,” terangnya.

Ia menuturkan, mengingat masih terdapat UMKM yang belum mendaftar, pendaftaran dilanjutkan sampai bulan November 2020 selama kuota masih tersedia. Namun, hanya bisa dilakukan melalui sistem online.

“Pendaftaran yang kedua ini hanya melalui online saja dengan link http://bit.ly/bpumcianjur,” jelasnya.

Indra menjelaskan, Diskoperdagin Kabupaten Cianjur hanya mengusulkan data pendaftar. Untuk validasi dan verifikasi merupakan kewenangan kementerian UKM RI.

Bagi para pelaku UMKM yang ingin mendaftar bantuan BPUM, syaratnya harus WNI yang memiliki E-KTP, merupakan pelaku usaha Mikro yang memiliki aset usaha di bawah Rp50 juta, tidak sedang menerima pinjaman dari Bank.

“Kemudian bukan PNS atau ASN, anggota TNI, Kepolisian, pegawai BUMN atau BUMD.” pungkasnya.(ian/afs)

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button

Dukung kami dengan Matikan Adblock

Please consider supporting us by disabling your ad blocker