Pendidikan

Hotel Academy Cianjur, Solusi Sekolah Perhotelan Singkat dan Siap Kerja

CIANJURTODAY.COM, Cianjur – Warga Cianjur sudah tahu belum kalau ada sekolah perhotelan dan kapal pesiar yang jempolan di Cianjur? Yups, jawabannya adalah Hotel Academy Cianjur.

Hotel Academy Cianjur (HAC), merupakan sekolah perhotelan dan kapal pesiar yang menjamin penyaluran kerja sesuai yang siswa inginkan. Sekolah ini juga menyediakan pelatihan singkat selama satu tahun atau setara dengan tingkat Diploma 1.

“HAC ini saya bangun dengan tujuan untuk membantu mengentaskan pengangguran. Saya sendiri merupakan orang kapal dan telah bekerja di kapal pesiar kurang lebih 25 tahun,” jelas Owner sekaligus Direktur HAC, Ana Suryana kepada Cianjur Today, Jumat (26/11/2021).

Menurutnya, HAC dibuat tanpa rencana. Ia bahkan memulai pelatihan untuk perhotelan dan kapal pesiar saat dirinya sedang menjalani masa liburan pada 2013 silam.

“Dulu kalau pulang sekitar dua sampai tiga bulan. Saat itu banyak anak Cianjur yang mau bekerja di kapal, saya biasanya menyarankan sekolah-sekolah kapal pesiar di Bandung. Tentunya, untuk bisa bekerja di kapal pesiar, kemampuan berbahasa Inggris pun harus bagus,” jelasnya.

Namun ternyata, rata-rata keahlian bahasa mereka kurang. Sehingga, alih-alih menyalurkan kerja, Ana malah harus mengajar juga.

Ia pun akhirnya memutuskan untuk melatih semuanya, mulai dari skill dan bahasa.

“Alhamdulilah perjuangan berbuah manis, sampai ada 10 orang yang bisa bekerja. Padahal saat itu, belajar saja masih di garasi rumah dan belum dilegalitas. Sejak saat itu saya mulai resign, sementara karena peminat di sini makin banyak,” paparnya.

Hingga pada 2018, ia melegalitaskan sekolahnya, karena semakin banyak peminat dan para agen yang mengharuskan calon pekerja menyertakan sertifikat lulusan.

HAC merupakan lanjutan dari sekolah sederajat, namun juga menerima lulusan sarjana D3 dan S1 dengan background berbeda.

“HAC merupakan lanjutan dari sekolah SMA/SMK sederajat bahkan dari paket C pun bisa ikut lanjut kuliah, dan juga menerima lulusan sarjana D3 dan S1 sekalipun dengan background pendidikan yang berbeda,” jelasnya.

Sekolah ini terdiri dari sembilan jurusan mulai dari F&B prouduct, service, house keeping, frontliner, dan lainnya.

HAC juga menggunakan sistem pelatihan singkat setara D1 dengan enam bulan teori dan enam bulan magang. Selain itu, turut diisi oleh para pengajar yang kompeten.

Hingga saat ini, sudah ada delapan angkatan lulus dan semuanya sudah diterima bekerja baik di hotel darat maupun laut.

“Tenaga pengajar kami merupakan praktisi-praktisi hotel darat dan laut. Mereka adalah orang-orang yang sudah kompeten di atas 15 tahun di bidang hospitality. Hanya orang-orang pilihan yang bisa memberikan pengajaran,” paparnya.

Sistem Output atau Penyaluran yang Terjamin

Hotel Academy Cianjur juga menjaminkan karir lewat penyaluran kerja yang baik dan tentunya berpenghasilan tinggi.

Hal ini karena HAC telah bekerja sama dengan banyak dan hampir semua hotel di Indonesia, baik nasional maupun International.

“Kami mengentaskan pengangguran, namun saluran output dari penerimaan kerja itu berbeda dan sulit. Solusi HAC belajar murah, namun bisa langsung bekerja. Prinsip kami tidak akan meninggalkan peserta sebelum menadapat pekerjaan,” tuturnya.

Ia menuturkan, jika siswa belum puas dengan pekerjaan saat ini, pihaknya akan terus mencarikan pekerjaan yang cocok dengan mereka.

“Karir itu akan otomatis, namun topik utama itu biasanya gajih. Mereka biasanya lebih minat ke pelayaran karena gajinya lebih besar dibanding di darat. Kalau ada siswa kami yang sudah bekerja, tapi tidak cocok dengan gajinya maka kami akan carikan lagi tempat sesuai dengan kriterianya,” terangnya.

HAC juga bekerja sama dengan banyak mitra atau perusahaan, baik luar negeri maupun dalam negeri. Hal ini yang membuat sistem output mereka kuat dan terjamin.

“Jadi kami juga ingin siswa HAC dapat berkarir di luar negeri. Maka kami banyak bekerja sama dengan perusahaan Internasional, agar memudahkan penyaluran tenaga kerja. Alhamdulilah, hingga saat link aman dan belum pernah ada kejadian pemulangan pekerja dari HAC,” bebernya.

Biaya Terjangkau dan Pelatihan Cepat

Hadir untuk membantu pemuda Cianjur mendapatkan pekerjaan dengan cepat dan terjamin, HAC mematok tarif yang sangat terjangkau, yaitu Rp13 juta.

Angka ini sangat murah dibanding sekolah-sekolah penyalur kerja lain. Apalagi di HAC biaya tersebut sudah mencakup segala kebutuhan siswa selama pelatihan.

“Itu sudah paling murah, karena sudah include banyak. Jika diakumulasikan kurang lebih 40 persen biaya ini sebenarnya akan kembali lagi pada siswa. Karena nantinya dengan biaya ini, siswa akan diberi beberapa seragam, biaya table manner, praktikum, hingga kunjungan ke kebun kopi. Kalau dihitung hanya Rp7 sampai Rp8 jutaan saja dan yang lain sudah di atas Rp10 jutaan,” sebutnya.

Biaya ini juga bisa diangsur siswa selama waktu pelatihan atau sekitar enam bulan.

“Karena kami prinsipnya membantu, memberikan pelatihan singkat, biaya murah, dan langsung bekerja. Maka bisa diangsur selama masa pembelajaran atau sebelum on the job training atau magang,” paparnya.

Selain kelas reguler, HAC juga bekerja sama dengan pemerintah, yaitu Dirjen Vokasi dengan menyediakan kelas beasiswa.

“Ada kelas beasiswa, tapi momentum sesuai imbauan pemerintah saja. Saat ini kebetulan sudah tahap 2 beasiswa untuk 40 siswa. Syaratnya usia
17-24, background apa saja, jika minat boleh. Semua biaya sudah ditanggung pemerintah,” jelasnya.

Bagi Anda yang tertarik, bisa langsung daftar ke lokasi Hotel Academy Cianjur di Jalan KH Abdullah bin Nuh No 7, Sawahgede, Cianjur.

“Harapannya, HAC bisa lebih luas lagi dan bermanfaat. Sehingga menjadi sekolah perhotelan dan kapal pesiar No 1 di Cianjur. Kami juga akan terus memberikan kontribusi yang terbaik bagi anak-anak di Indonesia untuk mencapai impiannya,” pungkasnya.(ega/sis)

Berita terkait

Berikan Komentar Kalian

Back to top button

Harap Ijinkan Iklan di Situs Kami

Sepertinya Anda menggunakan pemblokiran iklan. Kami mengandalkan iklan untuk membantu mendanai situs kami