Today

Hujan Angin, Delapan Rumah di Cianjur Rusak Berat

CIANJURTODAY.COM, Cianjur – Hujan disertai angin kencang melanda Desa Sukamulya, Kecamatan Sukaluyu, Kabupaten Cianjur pada Minggu (31/10/2021) sore.

Kepala Bidang Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur, Ade mengatakan, kejadian itu mengakibatkan sejumlah rumah mengalami kerusakan.

“Ada delapan rumah yang mengalami rusak berat akibat kejadian ini,” kata dia dihubungi Cianjur Today, Minggu (31/10/2021).

Pertama, rumah di Kampung Pajagan rusak akibat tertimpa pohon tumbang. Kemudian, rumah warga di Kampung Bayur RT 01/RW 03 ikut rusak akibat tertimpa pohon.

Sementara sisanya rusak akibat angin kencang yang melanda lokasi. Sebagian ada yang atapnya hingga mengapung. Delapan rumah yang rusak itu berasal dari tiga ke-RT-an.

Ade menjelaskan, tidak ada korban jiwa akibat kejadian tersebut. Namun, kerugian diperkirakan mencapai puluhan juta rupiah.

“Alhamdulillah tidak ada korban jiwa. Sementara kerugian kurang lebih Rp30 juta,” kata dia.

Empat Desa di Cianjur Diterjang Hujan Disertai Angin Kencang

Kepala Badan BPBD Kabupaten Cianjur, Tedy Artiawan membenarkan bahwa ada delapan rumah warga yang rusak akibat hujan deras yang disertai angin kencang.

“Iya benar, telah terjadi hujan dan angin yang sangat lebat di wilayah Desa Sukamulya. Akibatnya delapan rumah warga rusak berat,” kata dia

Tedy menjelaskan, satu rumah di kampung Kurung Puyuh, Desa Mekarjaya, Kecamatan Sukaluyu juga rusak parah akibat tertimpa pohon.

“Selanjutnya di Desa panyusuhan juga ada pohon tumbang jatuhnya menimpa saluran kabel listrik,” kata dia.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, empat Desa yang mengalami bencana tersebut diantaranya, Desa Sukamulya, Babakansari, Panyusuhan dan Desa Mekarjaya.

Peristiwa itu terjadi saat hujan deras dan disertai angin kencang sekitar pukul 16:30 Wib. Saat ini baru terdata dua belas rumah dengan kategori tertimpa pohon dan genting tersapu angin.

Bahkan, hujan deras juga menyebabkan banjir dan rumah roboh di kecamatan Sukaluyu.

Kepala Desa Sukamulya, Wawan Suwandi membenarkan adanya peristiwa tersebut.

“Saya mendapat laporan adanya rumah warga yang mengalami musibah akibat hujan deras disertai angin kencang. Baru delapan rumah yang dilaporkan,” kata dia.

Saat ini, lanjut Wawan, pihak BPBD, Retana dan Pemerintah Kecamatan Sukaluyu masih melakukan pendataan lebih lanjutnya.

“Masih kami data namun sementara ada delapan rumah yang mengalami rusak berat, dua di antaranya tertimpa pohon,” ujar Wawan.

Pantauan hingga malam ini hujan deras masih mengguyur kawasan Cianjur dan sekitarnya

Sementara itu, Kapolsek Sukaluyu, AKP Yayan Suharyana menuturkan, saat ini tim masih melakukan pendataan dan mengecek ke lokasi.

“Tidak ada korban jiwa serta saat ini kami Masih dilakukan pengecekan ke lokasi,” pungkas dia.(afs/rez)

Berikan Komentar Kalian

Back to top button