Today

Hujan Angin, Rumpun Bambu di Cibeber Tumbang dan Tutup Akses Jalan

CIANJURTODAY.COM, Cianjur – Rumpun bambu tumbang dan menutup akses jalan utama Cianjur-Sindangbarang, tepatnya Kampung Sarogol, Desa Selagedang, Kecamatan Cibeber, Kabupaten Cianjur, Senin (6/9/2021). Peristiwa ini terjadi saat hujan deras disertai angin kencang melanda di lokasi itu.

Tidak ada korban jiwa ataupun luka dalam bencana itu, namun arus kendaraan baik sepeda motor maupun mobil mengalami kemacetan dari kedua arah.

Personil Satpol PP Kecamatan Cibeber, Yadi mengungkapkan hujan deras disertai angin kencang melanda sejak petang hingga malam.

“Tidak ada korban, hanya saja material tanah dan bebatuan yang terbawa rumpun bambu yang tumbang menutup badan jalan sehingga menyebabkan arus kendaraan tertutup,” kata dia, kepada wartawan, Senin (6/9/2021).

Yadi menyebutkan, untuk jajarannya telah berkoordinasi dengan unsur TNI-Polri dan Relawan Tangguh Bencana (Retana) Kabupaten Cianjur serta masyarakat untuk melakukan evakuasi material reruntuhan rumpun bambu yang tumbang itu.

“Dengan menggunakan alat seadanya personil gabungan dibantu warga setempat melakukan evakuasi material yang menutupi jalan, agar akses jalan dapat kembali dilalui kendaraan,” jelasnya.

Ia menyebutkan, kawasan Cibeber merupakan satu di antara wilayah di Kabupaten Cianjur yang rawan bencana, baik tanah longsor, kekeringan, dan bannjir bandang.

“Kita terus mengimbau masyarakat agar selalu waspada dengan berbagai potensi bencana yang dapat terjadi sewaktu-waktu. Terutama, bagi masyarakat yang berada atau tinggal di lokasi rawan bencana alam,” ujar dia.

Sementara itu, berdasarkan pantauan arus kendaraan dapat kembali dilalui meskipun masih dilakukan sistem buka tutup dari kedua arah.(afs/rez)

Berita terkait

Berikan Komentar Kalian

Back to top button
Enable Notifications OK No thanks