Today

Hujan Es di Cianjur, Ternyata  Ini Penyebabnya

CIANJURToday – Hujan es yang terjadi di wilayah Cianjur, belakangan ini merupakan hal yang wajar dan tidak perlu dikhawatirkan. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kota Bandung, Tony Agus Wijaya.

“Hujan es dan angin puting beliung berpotensi terjadi di masa pancaroba atau di musim hujan di mana terjadi cuaca cerah beberapa hari sebelumnya atau jeda hujan,” ujar Tony.

Menurutnya, hujan es dan puting beliung bersifat lokal dan kejadiannya singkat. Penyebabnya yaitu kemunculan awan Cumulonimbus (CB) yang volumenya besar dan tinggi.

“Awan itu melewati lapisan beku di udara pada ketinggian sekitar 4 kilometer,” jelasnya.

Berdasarkan keterangan BMKG, saat ini wilayah Indonesia telah memasuki musim penghujan, walau terkadang cuaca cerah masih bisa terselip. Kondisi cuaca seperti itu sempat menimbulkan pertanyaan di media sosial. Apakah sekarang ini benar-benar sudah masuk musim hujan, atau masih pancaroba atau peralihan.

Tony mengatakan, wilayah seperti Cianjur dan sekitarnya kini sudah masuk musim hujan. Namun musim hujan tidak berarti turun hujan terus menerus setiap hari.

“Ada pola angin dinamis yang membuat awan hujan terkumpul atau menyebar,” pungkasnya. (arm)

Editor :Arfiandi

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button