Today

Hujan Es Disertai Angin Kencang Terjadi di Pasirkuda, Tumbangkan Puluhan Pohon Besar

CIANJURTODAY.COM, Pasirkuda – Seluruh warga Desa Padamukya, Kecamatan Pasirkuda Kabupaten Cianjur, Senin (18/1/2021) sekitar pukul 15.00 Wib, dikagetkan dengan terjadinya hujan es yang cukup besar dan lama, juga disertai angin kencang, mengakibatkan banyak puluhan pohon besar tumbang.

Tidak hanya itu saja, genting puluhan rumah milik warga setempat banyak yang pecah dan ada pula lahan pesawahan yang longsor.

Informasi yang dapat dihimpun, siang harinya terasa terik matahari cukup panas dan pada sore harinya sekitar pukul 15.00 Wib, angin mendadak redup dan tak lama kemudian turun hujan es besar yang disertai angin kencang.

Dengan adanya itu memang cukup membuat kaget seluruh warga setampat, karena terjadinya hujan es merupakan hal yang langka. Selain itu, angin kencang membuat panik warga juga, karena banyak pohon besar yang tumbang akibat ditiup angin.

“Saking kagetnya, terjadi hujan es yang disertai angin kencang dan banyak pohon tumbang serta rumah bocor, seakan akan terjadi kiamat,” ujar waga setempat, Mahpudin (52), kepada Cianjur Today, Senin (18/1/2021).

Sementara itu, salah seorang staff Kecamatan Pasir Kuda, bagian Pengadministrasi Pemerintahan,
Abdi Dudy Rachmansyah SIP menambahkan, memang benar adanya bahwa di Desa Padamulya telah terjadi bencana alam akibat adanya hujan es yang disertai angin kencang.

“Hingga mengakibatkan tumbangnya puluhan pohon besar, khususnya pohon pinus. Selain itu, banyak pula genting rumah warga setempat yang mengalami bocor, karena tertimba hujan es dan ada pula lahan pesawahan serta kebun yang longsor akibat hujan deras,” paparnya.

Hujan es di Pasirkuda tersebut, lanjutnya, tidak mengakibatkan korban jiwa dan kerugian material. Namun hingga kini belum bisa diperhitungkan, karena dari lokasi ke lokasi kejadian lainnya, jaraknya cukup jauh dan medan perjalanannya naik turun.

“Jumlah pohon yang tumbang, rumah rusak, dan titik longsor hingga kini belum belum bisa dihitung jumlahnya, mungkin besok pagi baru bisa dijumlahkan,” pungkas Dudy.(asi/sis)

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button

Dukung kami dengan Matikan Adblock

Please consider supporting us by disabling your ad blocker