Today

HUT KNPI ke-47, Cianjur Diharapkan jadi Kabupaten Layak Pemuda

CIANJURTODAY.COM, Cianjur – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) merayakan HUT ke-47 di Gedung KNPI Cianjur, Senin (27/07/2020). Dalam kegiatan ini terdapat orasi kepemudaan, syukuran, sampai penampilan kuliner kopi Kabupaten Cianjur.

Ketua DPD KNPI Cianjur, Riksa Iman Pribadi, mengatakan, peran pemuda sangat penting bagi masa depan bangsa, khususnya dalam hal pembangunan. Ia berharap di momen HUT KNPI ini Cianjur menjadi kabupaten layak pemuda dengan Indeks Pembangunan Pemuda (IPP) yang meningkat.

Ada lima poin yang jadi acuan. Di antaranya pendidikan, kesehatan dan kesejahteraan, lapangan dan kesempatan kerja, pastisipasi dan kepemimpinan, serta gender dan diskriminasi. 

“Lima poin itu yang menunjang terbentuknya IPP, di mana IPP ini sangat berhubungan dengan IPM (Indeks Pembangunan Masyarakat),” jelas dia.

Riksa menilai IPP di Cianjur masih perlu ditingkatkan. Maka dari itu, DPD KNPI Cianjur akan meningkatkan IPP berdasarkan lima poin tersebut.

“Kami dalam rangka meningkatkan IPP, kita bisa dinilai dari masalahnya. Apakah pendidikan hari ini sudah mencapai target atau belum? Misalkan lulusan SMA sudah hampir keseluruhan atau hanya SMP. Juga kesejahteraan kesehatan pemuda. Yang terpenting itu ruang-ruang bagi pemuda,” jelas dia.

Pihaknya mendukung lima poin tersebut karena Kabupaten Cianjur telah menerbitkan Peraturan Daerah (perda) tentang pemuda. “Jelas pemuda dilindungi undang-undang. Karena itu ada harus ada perhatian terkait segmen kepemudaan. Perlu ada perhatian dari pemerintah soal pemuda.” tukasnya.(afs/rez)

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button