Today

IBI dan TP PKK Cianjur Resmikan Program Campernik, Konsultasi dan Edukasi Kesehatan Reproduksi

CIANJURTODAY.COM, Cianjur – Ikatan Bidan Indonesia (IBI) bersama Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) resmikan program Campernik, Kamis (03/09/2020). Cegah Masalah Perempuan Dengan Sekrining Reproduksi (Campernik) adalah program yang bergerak di bidang konsultasi dan edukasi kesehatan reproduksi.

Meski baru diresmikan hari ini, program Campernik ini telah beroprasi sejak 15 Agustus 2020 lalu. Dan, merupakan salah satu kegiatan inovasi program keperdukian bagi perempuan Cianjur. Program Campernik ini terlahir dari ide gagasan TP PKK Cianjur.

Makna dari nama Campernik ini sendiri identik dengan ciri-ciri penghormatan perempuan. Kata Campernik dalam termologi sunda memiliki arti kecil, menarik, cantik, mungil, lucu, dan unik. Sehingga, mewakili tujuan agar tercapaunya peningkatan derajat kesehatan masyarakat di Cianjur, khususnya perempuan. Serta agar terhindar dari berbagai masalah kesehatan reproduksi.

Ketua IBI Kabupaten Cianjur, Liste Zulhijwati Wulan, menyampaikan, sebenarnya pihaknya lebih fokus kepada skriningnya. Hal itu merupakan suatu deteksi dini terhadap permasalahan perempuan terutama yang berkaitan dengan reproduksi. Masalah perempuan itu banyak. Terlebih ketika seorang perempuan menjalani siklus kehidupannya.

“Mulai dari masa hamil, bersalin, kemudian memasuki masa keluarga berencana. Kemudian, masa asuh bayi, balita, hingga masa lanjut usia. Karena hal ini, siapa pun mereka dan pada masa siklus mana pun bisa bergabung bersama kami untuk mengkonsultasikan kesehatan reproduksi mereka,” katanya kepada Cianjur Today, Kamis (03/09/2020).

Campernik ini merupakan lintas program di Kabupaten Cianjur. Dengan ingin memberikan dikungan terhadap kepedulian terhadap perempuan-perempuan di Cianjur yang kesehatan dan melahirkan generasi yang sehat pula. Tujuandari program ini merupakan untuk menuju kesehatan reproduksi semua perempuan di Kabupaten Cianjur

Ia menjelaskan, latar belakang terciptanya program ini karena banyak terjadinya kasus kanker leher rahim di Cianjur. Selain itu, ternyata masih banyak juga kasus kanker payudara di Cianjur.

Masih Ada Kasus Kanker pada Perempuan

“Meskipun kematian ibu dan bayi telah turun drastis. Tapi, nyatanya masih ada dan itu bagi kami adalah kejadian yang serius. Kami berharap nol kematian di Cianjur sehingga idealnya ketika masyarakat paham tentang kesehatan reproduksi,” ujarnya.

Maka, melalui sarana Klinik Pratama Bakti Bidan pihaknya berharap masyarakat bisa menyampaikan permasalahan kesehatan danendapatlan solusi terbaiknya. Klinik bakti bidan ini merupakan klinik yang dibangun dari hasil uang yang sengaja disisihkan dari para bidan di Cianjur. Sehingga, masyarakat dapat datang mengkonsultasikan dan menyelesaikan masalah kesehatan secara gratis.

“Klinik pratama bakti bidan yang merupakan betul-betul bakti sosial semua menabung menyisihkan uangnya. Sehingga, kami bisa membangun klinik ini yang memang dikhusukan untuk bakti sosial kemasyarakatan,” ungkapnya.

Untuk mengetahui lebih lengkap tentang program Campernik, bisa dilihat melalui instagram @pcibicianjur dan Facebook FC Ibi Kab Cianjur.(ct4/afs)

Berita terkait

Berikan Komentar Kalian

Back to top button

Harap Ijinkan Iklan di Situs Kami

Sepertinya Anda menggunakan pemblokiran iklan. Kami mengandalkan iklan untuk membantu mendanai situs kami