Today

IJTI Korda Cianjur Gelar Lomba Video Inspiratif Tingkat Pelajar

CIANJURTODAY.COM, Cianjur – Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Korda Cianjur menggelar lomba video inspiratif tingkat SMA/SMK se-Kabupaten Cianjur.

Dalam lomba tersebut, terkumpul puluhan video yang dikirimkan peserta dari berbagai sekolah di Cianjur.

Ketua IJTI Korda cianjur, Rendra Gozali menjelaskan, lomba ini merupakan rangkaian panjang program kerja berkelanjutan sejak 2019 lalu.

Baca Juga: Ramadan Berbagi, IJTI Korda Cianjur Gelar Bakti Sosial

“Kami awali dengan roadshow pelatihan jurnalistik televisi ke sekolah-sekolah. Sebagain besar peserta lomba ini ada sekolah yang pernah kami gelar pelatihan,” ujarnya, Selasa (31/5/2022).

Dalam lomba tersebut, peserta wajib membuat video jurnalistik kategori news, reportase atau dokumenter dengan tema #CaritaCianjur dan sub tema budaya, sejarah, sosial, pariwisata, sampai kearifan lokal

Ini bertujuan selain memberikan peserta kesempatan belajar langsung membuat konten berkualitas, edukatif dan inspiratif, sekaligus menumbuhkan kecintaan pada Cianjur sebagai kampung halamannya.

“Akhirnya jadi promosii juga secara tidak langsung karena peserta wajib mengunggah di akun YouTube sekolah,” terangnya.

Jurnalis SCTV dan Indosiar ini mengungkap, pihaknya tak menyangka hasil karya video yang peserta buat, bisa dibilang sudah cukup memenuhi standar pertelevisian.

“Makanya saat penjurian dan penilaian, kami sampai harus berdebat. Karena memang hampir semua videonya memang berkualitas dan layak,” bener dia.

Hasilnya, tiga peserta keluar sebagai pemenang. Di antaranya SMA Plus Ciranjang dan SMKN 1 Pacet sebagai juara ketiga dan kedua. Sementara, SMAN 2 Cianjur berhasil menyabet juara pertama.

“Harus kami akui, karya pelajar ini benar-benar di luar ekspektasi kami. Skor masing-masing pemenang juga tidak jauh,” imbuh Rendra.

Hasil Video Peserta Sesuai Standar Televisi

Pendapat tak jauh berbeda juga disampaikan Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Cianjur, Gagan Rusganda yang melihat langsung video karya ketiga pemenang.

“Pesertanya memang masih pelajar, tapi soal kualitas konten videonya ternyata tidak kalah dengan yang lain. Apalagi mereka kebanyakan hanya menggunakan telepon selular untuk pengambilan gambar,” ungkap Gagan.

Pihaknya berharap, peserta tidak hanya berhenti sampai di sini. Sebaliknya, mereka harus terus mengasah dan mengembangkan potensi masing-masing.

“Di sini sekolah memiliki peran penting untuk mendorong dan terus memotivasi siswanya agar terus berkarya dan berkarya,” pesan Gagan.

Terakhir, Gagan juga mengapresiasi inisiatif IJTI Korda Cianjur yang ikut berperan aktif ikut memajukan generasi muda Cianjur.

Baca Juga: Tiga Bulan Kekeringan, IJTI Bagikan Air Gratis

“Semoga IJTI Korda Cianjur bisa terus membuat program-program yang memiliki kontribusi riil untuk Cianjur. Apalagi ternyata sekarang sedang menyiapkan lomba selanjutnya yang juga menyasar pelajar sebagai pesertanya,” tandas Gagan.(rls)

Berita terkait

Berikan Komentar Kalian

Back to top button

Harap Ijinkan Iklan di Situs Kami

Sepertinya Anda menggunakan pemblokiran iklan. Kami mengandalkan iklan untuk membantu mendanai situs kami