Today

Ikan Hiu Terdampar di Pesisir Pantai Cidaun

CIANJURTODAY.COM, Cidaun – Ikan hiu jenis Rhincodon Typus ditemukan mati terdampar di pesisir Pantai Muara Ciwidig, Desa Kertajadi, Kecamatan Cidaun, Kabupaten Cianjur, Jumat (25/9/2020). Hiu yang merupakan jenis spesies ikan besar itu ditemukan pertama kali oleh salah satu warga penambangan pasir sekitar pukul 13.00 WIB.

Petugas Perikanan Kecamatan Cidaun, Eli Muslihat, mengatakan posisi ikan hiu itu ditemukan di arah sebelah Barat dengan kondisi sudah mati. Warga setempat pun berupaya untuk membawanya ke bibir pantai.

“Berat atau bobotnya ada sekitar satu ton, dengan panjang lima meter,” kata Eli kepada wartawan, Jumat (25/9/2020).

Eli menuturkan, bukan pertama kali jenis ikan tersebut ditemukan. Sebelumnya sekitar tiga tahun lalu pernah ditemukan terdampar di pantai Kecamatan Agrabinta.

“Jenis ikan besar ini dilindungi. Diimbau kepada warga setempat bila ikan hiu itu masih hidup kembalikan ke laut,” ujarnya.

Ia menjelaskan, hiu yang ditemukan di pesisir Pantai Cidaun ini termasuk jenis ikan yang hidup di perairan samudra air hangat secara bergerombol. Saat terdampar, kemungkinan sedang dalam perjalanan migrasi, namun tersesat hingga keluar dari gerombolan ikan lainnya.

“Sehingga mengarah ke perairan pantai yang relatif suhu air nya lebih hangat,” terangnya.

Salah seorang warga setempat, Hermawan (21), mengungkapkan saat menemukan ikan hiu yang terdampar ia sedang menjaring ikan di pesisir pantai. Saat itu melihat ada ikan yang besar terombang ambing di laut Pantai Ciwidig.

“Saat berada di tengah- tengah posisi ikan hiu itu sudah terbalik, lalu saya pergi ke warung dan memberitahukan sama warga lain. Saat kembali melihat ikan besar tersebut sudah berada di pinggir pantai dalam keadaan mati. Saya lihat dibagian badan ikan sisik-sisiknya kaya ada luka luka,” ungkapnya.(ian/rez)

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button