Today

Imbas Pandemi, Cianjur Tidak Rayakan Hari Krida Pertanian

CIANJURTODAY.COM, Cianjur – Petani di Cianjur harus menerima karena tidak ada perayaan Hari Krida Pertanian yang digelar setiap 21 Juni. Hal ini dikarenakan pandemi Covid-19 sehingga harus mematuhi protokol kesehatan.

Kepala Bidang Bina Usaha Agribisnis dan Penyuluhan Dinas Pertanian, Perkebunan dan Holtikultura Kabupaten Cianjur, Nurdiyati menjelaskan, pihaknya memang sudah merencanakan gelaran Hari Krida Pertanian. Namun tidak memungkinkan karena kondisi pandemi.

“Sebenarnya kami ingin menggelar Hari Krida Pertanian itu, petani itu ingin mengaktualisasikan diri. Biasanya ada diskusi petani dan menyelesaikan masalah agar lebih maju,” tuturnya kepada Cianjur Today, Senin (21/6/2021).

Ia mengatakan Dinas Pertanian sudah membuat anggaran untuk gelaran perayaan tersebut namun terpaksa dicoret dan dialihkan ke program lain.

“Kita sudah menganggarkan juga akhirnya dicoret karena kita juga ada refocusing anggaran untuk Covid-19 akhirnya gak jadi,” jelas dia.

Di sisi lain, dalam memajukan pertanian kuncinya ada dalam diskusi para petani. Sebab, para petani lah yang memahami situasi lapangan sehingga bisa berbagi informasi.

“Di rembuk petani itu kuncinya. Kita diskusi semua masalah pertanian mulai dari evaluasi kegiatan dan perencanaan dalam memajukan pertanian juga beradaptasi dengan teknologi,” jelasnya.

Nurdiyati yang juga Plt Kepala Bidang Tanaman Pangan berharap, di Hari Krida Pertanian ini pertanian di Kabupaten Cianjur semakin baik. Serta, menjadikan Cianjur penopang penyedia pangan di Jabodetabek.

“Karena lahan pertanian yang kedua terbesar di Jabar itu Cianjur, kita ingin membuat Cianjur menjadi lumbung pangan tidak hanya Jabar tapi nasional kita ingin menjadi penopang ketahanan pangan nasional,”tandas dia.(afs/rez)

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button