Pendidikan

Info Terbaru KIP Kuliah 2020, Ayo Segera Urus DTKS/BDT

CIANJURTODAY.COM- Info KIP Kuliah 2020. Jangan lupa segera urus DTKS/BDT buat kamu yang telah memiliki Kartu Indonesia Pintar (KIP) atau bahkan yang belum memilikinya.

Bisa dicek di:
http://cekbansos.siks.kemsos.go.id/kemsos/pencarian 

Sebagai catatan, pada bagian kolom ID pilih Nomor Induk Keluarga (NIK). Kemudian, diharuskan mengajukan dan terdaftar DTKS/BDT dengan mengusulkan ke dinsos kabupaten ataupun kota asal sesegera mungkin.

Jangan lupa terlebih dahulu meminta surat rujukan dari desa/kelurahan untuk mengajukan DTKS/ BDT. Hal itu menjadi salah satu persyaratan agar kamu bisa ikutan KIP kuliah nantinya.

Apa itu DTKS?

Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) atau yang biasa disebut BDT (Basis Data Terpadu). Ini adalah database yang berisi data kesejahteraan sosial dengan berbagai macam kriteria pada masing-masing Individu dan Rumah Tangga.

Persyaratan Memperoleh BDT

Bagi  yang membutuhkan data dengan nama dan alamat (by name by address). Berasal dari Basis Data Terpadu (BDT) untuk penetapan sasaran program perlindungan sosial dan penanggulangan kemiskinan perlu menyertakan dokumen pendukung, sebagai berikut:

  1. Surat Permohonan resmi dari Kepala Daerah
  2. Penjelasan mengenai program yang akan menggunakan data dari Basis Data Terpadu.
  3. Surat pernyataan dari Kepala Daerah yang menyatakan bahwa data nama dan alamat dari Basis Data Terpadu hanya akan digunakan untuk keperluan penetapan sasaran program perlindungan sosial dan penanggulangan kemiskinan.

Nah, itulah info terkini untuk kamu yang ingin ikuti KIP Kuliah 2020. Pastikan ikuti terus informasi terbarunya.

Kapan Dibuka?

Daftar KIP Kuliah dibuka mulai 2 Maret 2020. Finalisasi SNMPTN 2020 pun diperpanjang. Jadwal pendaftaran SNMPTN ditutup hingga 27 Februari 2020 pukul 23.50 WIB. Namun, kini untuk melakukan finalisasi SNMPTN diperpanjang khusus bagi calon mahasiswa keluarga tidak mampu yang membutuhkan KIP Kuliah.

Hal tersebut dilakukan untuk menyesuaikan jadwal pendaftaran KIP Kuliah yang baru akan dibuka mulai 2 sampai 31 Maret 2020. Waktu untuk pendaftaran SNMPTN diperpanjang sesuai jadwal pendaftaran KIP Kuliah.

Boleh saja peserta mulai mendaftar dan mengisi informasi-informasi yang perlu dicantumkan di pendaftaran SNMPTN, namun diimbau untuk jangan finalisasi terlebih dulu.

Beda hal dengan mahasiswa yang tidak membutuhkan dukungan biaya pemerintah atau sudah memiliki KIP-Kuliah namun mengikuti SNMPTN. Peserta dapat melakukan pendaftaran dan langsung finalisasi hingga tanggal ditentukan 27 Februari 2020, pada laman http://portal.ltmpt.ac.id/.(ct4/rez)

Sumber:DIKTI-KEMDIKBUD/BDT TNP2K

6 Comments

  1. Ping-balik: Bdt Login | Ny Login

Berikan Komentar Kalian

Back to top button