Tips, Trik, dan Tutorial

Ingin Baterai Awet? Perhatikan Hal Ini Saat Mengecas HP

CIANJURTODAY.COM, Cianjur – Handphone (HP) bisa dibilang alat komunikasi paling populer saat ini. Setiap tahun pasti ada yang baru dilengkapi fitur canggih. Masyarakat saat ini tidak pernah ragu untuk membeli meskipun harganya dibilang selangit.

Tak sedikit pula yang menggunakan HP nonstop dengan berbagai kepentingan, Misalnya bermain game, sosial media, bahkan bisnis. Penggunaan seperti itu pasti membuat daya baterai cepat habis. Maka dari itu kita harus mengecas HP setiap saat.

Cianjur Today merangkum beberapa tips cara aman mengecas HP agar aman dan tetap awet. Berikut ulasannya.

1 Gunakan Charger Original

Penggunaan charger yang tidak sesuai dengan merek HP beresiko membuat baterai tidak tahan lama dan mudah rusak. Upayakan selalu menggunakan charger asli, karena terkadang HP dan charger lain memiliki kinerja yang berbeda.

2 Mengecas Saat Daya Di Atas 20 Persen

Untuk kamu yang sering mengecas HP saat daya benar-benar kosong coba hindari, karena akan beresiko mengurangi umur baterai. Cobalah untuk melakukannya saat daya di atas 30 persen atau minmal 20 persen.

3 Jangan Mengecas Sampai 100 Persen

Masih berpikir bahwa mengecas HP sampai full 100 persen adalah hal yang benar? Idealnya pengisian baterai yang baik adalah sampai 80 persen. Jadi sekarang pastikan kamu tidak mengisi baterai sampai 100 persen agar bateraimu tetap awet.

4 Matikan HP

Saat mengecas pastikan HP tidak sedang beroperasi. Melakukan hal ini dapat membuat HP lebih stabil.

5 Jangan Terlalu Sering Menggunakan Powerbank

Powerbank adalah cara mudah bagi kita mencas saat tidak ada colokan. Tetapi masih banyak juga yang menggunakan powerbank saat colokan masih berjejer, seperti di rumah dan sekolah.

Padahal penggunaan powerbank yang terlalu sering juga dapat menjadi penyebab berkurangnya umur baterai. Lebih baik gunakan powerbank disaat-saat yang mendesak saja, atau memang sedang tidak ada colokan agar baterai mu tetap awet.

Mengecas hp yang baik dan benar sangat membantu kamu untuk mempertahankan kinerja bateraimu. Jadi cobalah dengan baik dan benar mulai sekarang ini ya!(ct2)

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button

Dukung kami dengan Matikan Adblock

Please consider supporting us by disabling your ad blocker