WEEKEND LIST

Ini Dia 10 Gunung Tertinggi di Indonesia, Berani Hiking?

CIANJURTODAY.COM – Gunung tertinggi di Indonesia kebanyakan ada luar di Pulau Jawa. Puncak Jaya Wijaya atau Carstensz Pyramid yang terletak di Papua merupakan gunung tertinggi di Indonesia.  

Selain Puncak Jaya Wijaya, di Papua pun terdapat senumlah gunung lagi yang masuk dalam kategori gunung tertinggi di Indonesia.  Nah, gunung mana saja yang termasuk kategori 10 gunung tertinggi di Indonesia? 

Gunung Tertinggi di Indonesia 

Dilansir dari situs Gramedia.com, ini dia beberapa gunung tertinggi di Indonesia: 

1. Punjak Jaya Wijaya

Puncak Jaya Wijaya atau dikenal pula dengan sebutan Carstensz Pyramid merupakan titik tertinggi Indonesia yang terletak di Provinsi Papua. Selain itu, Puncak Jaya Wijaya masuk pegunungan Barisan Sudirman yang mempunyai tinggi 4.884 mdpl dan dikelilingi gletser dengan nama gletser Carstensz.  

Gletser itu merupakan gletser tropika satu-satunya yang dipunyai Indonesia sebab jumlah gletser yang lain mulai menipis karena pemanasan global yang kian parah. 

2. Puncak Mandala 

Gunung tertinggi kedua di Indonesia ialah Puncak Mandala. Puncak Mandala merupakan gunung tertinggi Indonesia di bawah puncak Jaya Wijaya yang berada di salah satu pegunungan Provinsi Papua dengan tinggi 4.760 mdpl.  

Puncak Mandala masih diselimuti gletser salju sebab masih terletak di deretan pegunungan Jaya Wijaya walapun sekarang volumenya telah mulai berkurang sebab faktor pemanasan global yang makin parah.  

Jalur pendakian agar bisa ke puncak ini cukup terjal juga berbahaya. Hal itu telah diakui oleh para pendaki profesional, baik pendaki lokal atau pendaki dari manca negara.

3. Puncak Trikora 

Selain Puncak Jaya Wijaya atau Gunung Carstensz dan Puncak Mandala, terdapat satu lagi puncak tertinggi di pegunungan Jaya Wijaya, Papua, yang termasuk gunung tertinggi di Indonesia, yaitu Puncak Trikora. Puncak Trikora terletak di ketinggian 4.750 mdpl yang diakui oleh beberapa pendaki punya jalur pendakian yang lebih ekstrem dibanding Carstensz.  

Agar bisa sampai ke puncak ini, pendaki harus melintasi jalur pendakian yang berada di kawasan Taman Nasional Lorents dan termasuk dalam situs warisan dunia UNESCO atau melewati jalur Wamena.

4. Gunung Kerinci 

Gunung Kerinci merupakan gunung yang berada di perbatasan Provinsi Sumatra Barat dan Jambi dan termasuk ke dalam pengunungan Bukit Barisan. Gunung yang punya tinggi 3.805 mdpl ini jadi pembatas etnis Minagkabau suku Kerinci di hutan Taman Nasional Kerinci yang jadi habitat Harimau Sumatra serta Badak Sumatra. 

Jalur pendakian gunung kerinci diawali dengan pintu Rimba yang terletak di batas ladang serta hutan heterogen. Supaya bisa ke puncak gunung Kerinci, pendaki perlu melintasi pos akhir yaitu Tugu Yudha. Kondisi jalur pendakiannya pun beragam, seperti  medan landai hingga bekas aliran air yang sulit dilewati kalau hujan.

5. Gunung Rinjani 

Gunung tertinggi di Indonesia di nomor 5 ialah gunung Rinjani. Gunung Rinjani merupakan gunung berapi yang terletak di ketinggian 3.726 mdpl Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).  

Topografi unik dari Gunung Rinjani merupakan ada kaldera seluas 3.500 x 4.800 m yang punya segara anak di tengahnya dengan luas 11.000.000 m persegi dan kedalaman 230 m. Selain termasuk gunung tertinggi di Indonesia, Gunung Rinjani pun jadi gunung vulkanik ke 2 tertinggi di Indonesia yang begitu cantik.

6. Gunung Semeru

Kemudian, gunung tertinggi di Indonesia ialah gunung Semeru. Gunung Semeru merupakan gunung berapi Indonesia tertinggi di Pulau Jawa yang punya tinggi 3.676 mdpl dan berada di Kabupaten Malang dan Lumajang, Jawa Timur.  

Wilayah gunung Semeru mempunyai kawah dengan nama Jonggring Saloko dan punya gas beracun di puncaknya. Gunung Semeru punya empat kawasan hutan yang indah, yaitu dipterokarp bukit, dipterokarp atas, montana, serta ericaceoous atau hutan gunung.  

Gunung Semeru punya tipe iklim B atau schmindt serta ferguson dengan curah hujan 927 mm hingga 5.498 per tahun. Dengan begitu, sebelum mendaki gunung ini pendaki wajib siapkan perlengkapan tertentu guna menaiki Gunung Semeru, seperti domestik serta alat pendakian. 

7. Gunung Sanggar

Gunung Sanggar merupakan gunung tertinggi di Indonesia yang terletak di wilayah yang serupa dengan Gunung Rinjani. Gunung Sanggar punya tinggi 3.492 mdpl dan termasuk gunung tertinggi di Nusantara. Walaupun tidak seterkenal Gunung Rinjani, Gunung Sanggar pun memiliki keindahan yang tidak kalah cantik. 

8. Gunung Rantemario

Gunung tertinggi nomor delapan ialah gunung Rantemario. Gunung Rantemareo merupakan gunung di Sulawesi Selatan, terletak di Pegunungan Latimojong di barat Sulawesi bagian selatan kawasan Tana Toraja.  

Gunung tersebut punya puncak yang datar, maka dari itu dinamai Rante Mario yang artinya tenang serta datar. Gunung ini terletak tidak jauh dari jalan Makasar yang menjadi jalur ramai untuk pendaki. Tetapi, jalur pendakian agar bisa sampai ke puncak lumayan ekstrem. 

9. Gunung Rantekambola 

Gunung Rantekombola yang kerap dijuluki dengan nama Bulu Rantekombola berada di Sulawesi Selatan dan punya tinggi 3.455 mdpl.  

Gunung itu jadi titik tertinggi di Sulawesi dengan Gunung Rantemarario yang juga termasuk gunung tertinggi di Nusantara. Para pendaki yang berhasil naik ke puncak gunung ini akan melihat pemandangan yang sangat cantik dengan nuansa negeri di atas awan. 

10. Gunung Slamet 

Gunung Slamet merupakan gunung berapi yang puncaknya seperti kerucut serta berada di Jawa Tengah dan punya tinggi 3.428 mdpl. Gunung Slamet terletak di lima kabupaten di Jawa Tengah, yaitu Kabupaten Pemalang, Tegal, Purbalingga, Banyumas, serta Brebes.  

Gunung itu punya kawah yang masih aktif hingga kini bernama Kawah IV Slamet. Wilayah gunung Slamet punya hutan montana, hutan dipterokarp ata, hutan dipterokrap bukit, serta hutan gunung atau ericaceous.  

Nah, demikianlah pembahasan tentang 10 gunung tertinggi di nusantara. 

Artikel Terkait

Berita terkait

Berikan Komentar Kalian

Back to top button

Harap Ijinkan Iklan di Situs Kami

Sepertinya Anda menggunakan pemblokiran iklan. Kami mengandalkan iklan untuk membantu mendanai situs kami