GAYA HIDUPTips, Trik, dan Tutorial

Ini Dia Fitur Keren yang Hadir di Android Q

CIANJURTODAY.COM – Dirilis sudah sampai versi beta 5 Android Q sekarang sudah bisa dicicipi oleh beberapa merk smartphone berbasis sistem operasi Andoid. Dengan pembaruan yang cukup signifikan. Dilansir dari laman Android Authority berikut Cianjur Today rangkum fitur-fitur terbaru Android Q.

Fitur Darq Mode

Google rupanya telah bereksperimen dengan darq mode atau mode gelap sistem untuk beberapa waktu yang lalu. Tetapi, google akhirnya memasukan fitur ini secara resmi dengan Android Q.

Fitur ini bisa diaktifkan melalui pengaturan ubin cepat atau saat Anda mengaktifkan opsi penghemat baterai.

Selain itu, tangkapan layar yang dibagikan oleh Google menunjukkan bahwa mode gelap juga akan memengaruhi Podcast Google, Foto, dan Pencarian.

Smart Reply

Fitur smart reply for all messaging adalah salah satu fitur Google yang lebih baik di luar sana. Fitur ini memprediksi apa yang akan Anda katakan dalam menanggapi pesan.

Saat ini memang sudah tersedia untuk aplikasi Google, nah di Android Q fitur ini berfungsi ke semua aplikasi perpesanan di Android Q. Ini berarti Anda sekarang bisa mendapatkan tanggapan yang disarankan di WhatsApp dan Facebook Messenger.

Fitur ini merupakan cara praktis untuk menghemat waktu ketika respons singkat akan dilakukan. Semua saran ini dibuat dengan menggunakan pembelajaran mesin di perangkat.

Banyak penggemar Android mengkritik fungsionalitas berbagi platform karena lambat dan tidak intuitif. Untungnya, Google telah merombak menu ini di Android Q.

Focus Mode

Salah satu fitur Android Q yang menghadap ke pengguna yang lebih menonjol adalah mode fokus, perpanjangan dari suite Wellbeing Digital. Sesuai namanya, mode ini akan membantu Anda fokus dengan mengubah aplikasi yang dianggap mengganggu dan menyembunyikan pemberitahuan mereka.

Digital Wellbeing juga mendapatkan fitur lain berkat kontrol orangtua yang terintegrasi. Google telah menawarkan alat orangtua melalui aplikasi Family Link, namun dukungan out-of-the-box tetap disambut baik.

Akses lebih cepat ke pengaturan
Sudah sangat mudah untuk mengaktifkan Wi-Fi, Blootooth, dan opsi konektivitas lainnya. Tetapi, Google membuat proses ini sedikit lebih mudah ketika Anda berada di aplikasi.

Quicker access to settings

Jendela sembulan baru ini dapat dipanggil oleh aplikasi dalam situasi tertentu. Google memberikan contoh peluncuran browser saat dalam mode pesawat.

Browser sekarang dapat memberi tahu pengguna untuk mengaktifkan Wi-Fi, lalu secara otomatis memanggil panel pengaturan.

A standard depth format

Android Q juga menghadirkan format kedalaman baru, dijuluki (kejutan) Format Kedalaman Dinamis, dan membuka pintu untuk pengeditan mendalam dalam banyak aplikasi pihak ketiga.

“Mulai di Android Q, aplikasi dapat meminta gambar Kedalaman Dinamis yang terdiri dari JPEG, metadata XMP terkait dengan elemen terkait kedalaman, dan peta kedalaman dan kepercayaan diri yang tertanam dalam file yang sama pada perangkat yang mengiklankan dukungan,” seperti kutipan dari Android Developers Blog.

Google juga mengonfirmasi bahwa format baru ini akan memungkinkan aplikasi pihak ketiga mengubah data kedalaman untuk membuat opsi kabur dan bokeh khusus. Semoga, pengembang pihak ketiga merangkul standar baru yang didorong oleh Google ini.

Pratinjau untuk lebih banyak OEM

Bosan dengan pengguna pixel yang bersenang-senang ketika datang ke pratinjau Android? Sepertinya Google merasakan hal yang sama, ketika membuka pratinjau Android Pie ke beberapa perangkat pihak ketiga juga. Dan inisiatif telah berkembang dengan Android Q.

Pratinjau pengembang Android Q sekarang tersedia di sekitar 20 ponsel. Lebih khusus lagi, mereka tersedia di semua ponsel Pixel, Asus Zenfone 5Z, Essential Phone, Huawei Mate 20 Pro, LG G8 ThinQ, Nokia 8.1, OnePlus 6 / 6T / 7, Oppo Reno, Realme 3 Pro, Tecno Spark 3 Pro , Vivo X27, Vivo Nex A / S, Xiaomi Mi Mix 3 5G, dan Xiaomi Mi 9.

Baca Juga: Resmi Dirilis, Inilah Kelebihan Android Q

1 2 3Laman berikutnya
Baca Selengkapnya

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button
Close
Close

Matikan Blok Iklan Untuk Melihat Berita Kami

Dukung Kami Dengan Tidak Menutup Iklan