Gaya Hidup

Ini Dia Tugas, Tanggung Jawab, dan Gaji Sopir yang Wajib Diketahui

CIANJURTODAY.COM – Sopir adalah salah satu profesi yang sampai dengan saat ini masih banyak dibutuhkan pada beberapa perusahaan. Ada banyak peluang untuk menjadi seorang sopir. Sehingga Anda perlu tahu tentang Tugas, Tanggung Jawab, dan Gaji Sopir 

Untuk beberapa jenis pekerjaan sopir yang harus dipahami adalah pribadi, perusahaan, online, taxi dan masih banyak lainnya. Seorang sopir bisa dikatakan baik, ketika mempunyai tanggung jawab yang sudah diberikan oleh pemberi kerja. 

Pada kesempatan kali ini akan dijelaskan secara lengkap mengenai tugas, tanggung jawab dan gaji dari seorang sopir. Bagi Anda yang ingin menjadi seorang sopir bisa simak penjelasan lebih lengkapnya di bawah ini. 

Tugas dan Tanggung Jawab sopir 

Pada umumnya untuk tugas dan tanggung jawab dari seorang sopir di kelompokkan menjadi 3 jenis. Untuk ketiga jenis tersebut adalah: 

1. Tanggung jawab pada kendaraaan 

Seorang sopir mempunyai tanggung jawab sepenuhnya terhadap kendaraan yang digunakan. Maka dari itu, untuk beberapa tugas dan tanggung jawab dari seorang sopir pada kendaraan adalah: 

  • Memastikan kendaraan yang digunakan dengan kondisi bersih di saat sebelum atau sesudah digunakan. 
  • Memperhatikan perawatan pada mobil agar performa yang diberikan tetap selalu prima. 
  • Melakukan pengecekan pada bagian oli mesin di kurun waktu 1 bukan sekali. 
  • Mengisi bahan bakar dan oli sesuai dengan yang dibutuhkan oleh kendaraan tersebut. 
  • Membawa mobil ke bengkel, ketika membutuhkan perawatan. 
  • Memperbaiki sendiri pada beberapa kerusakan kecil yang terjadi pada mobil. Akan tetapi, di saat melakukan perbaikan sendiri bisa berkoordinasi lagi pada sang pemilik mobil. 
  • Menyerahkan kunci dan surat-surat kendaraan mobil setelah mengerjakan tugas. 

2. Tanggung jawab Keamanan 

Seorang sopir tidak hanya memperhatikan mengenai kendaraan mobil saja. Akan tetapi, untuk masalah keamanan dari mobil juga harus diperhatikan. Untuk beberapa tugas dan tanggung jawab seorang druver pada jenis keamanan adalah: 

  • Memberikan laporan kepada pemilik mobil di saat ingin melakukan suatu perjalanan. 
  • Perhatikan perlengkapan semua surat-surat. 
  • Memastikan kepada para penumpang kendaraan mobil untuk selalu menggunakan sabuk pengaman. 
  • Pastikan semua pintu kendaraan mobil sudah benar-benar terkunci. Hal tersebut harus diperhatikan pada saat berkendara sendiri atau bersama dengan penumpang lainnya. 
  • Memarkirkan mobil pada tempat yang benar-benar aman. Pastikan juga semua mobil sudah terkunci. 
  • Berkendara dengan baik dan tidak ugal-ugalan. Patuhi juga rambu-rambu lalu lintas supaya tidak terkena tilang.
  • Siapkan kondisi fisik sebelum melakukan perjalanan. 

3. Tanggung jawab administrasi 

Jenis tanggung jawab dan tugas yang paling akhir adalah dibagian administrasi. Ada 2 tugas dan tanggung jawab sopir pada jenis adminstrssi yaitu: 

  • Memeriksa surat kendaraan seperti STNK. Berikan informasi kepada pemilik mobil mengenai tanggal perpanjangan STNK supaya tidak terlambat. 
  • Memastikan SIM masih berada di tanggal yang masih aktif. 
  • Mengisi semua laporan aktivitas dari pengemudi. 

Syarat Jadi Sopir

1. Mempunyai SIM

Ketentuan jadi sopir yang awal merupakan mempunyai SIM. Syarat yang satu ini telah tidak dapat ditawar serta sudah diatur dalam UU Nomor. 14 tahun 1992 tentang Kemudian Lintas serta Angkutan Jalur. Tiap pengemudi ataupun sopir harus mempunyai pesan izin mengemudi yang didapatkan lewat tes mengemudi.

2. Sopir Harus Mahir berkendara

Seseorang sopir wajib ketahui metode mengemudi dengan baik serta benar, bukan cuma semata- mata dapat saja. Perihal ini berarti supaya dikala berkendara dapat mematuhi seluruh rambu kemudian lintas demi keamanan serta keselamatan bersama.

3. Sehat jasmani serta rohani

Kesehatan jasmani serta rohani wajib ditentukan baik saat sebelum berkendara. Perihal ini pasti saja buat kenyamanan serta keselamatan bersama. Supir tidak boleh dalam pengaruh alkohol saat sebelum mengemudi ataupun dalam kondisi sakit raga serta mental.

4. Mengenali rute jalan

Sopir merupakan orang yang hendak diandalkan dikala wajib datang ke tempat tujuan dengan selamat. Meski saat ini telah terdapat teknologi memakai GPS ataupun Google Maps, sopir wajib ketahui serta hafal rute- rute utama di kotanya. Tidak hanya itu, keahlian membaca peta pula berarti supaya tidak menghabiskan waktu di jalur sebab tersesat.

5. Apik serta bersih

Sopir wajib tetap melindungi penampilannya dengan berpakaian apik serta sopan dikala berkendara. Upayakan buat memakai kemeja, kaos berkerah, serta ikat pinggang dikala lagi bekerja. Rambut pula diusahakan tidak gondrong serta disisir apik.

Gaji Profesi sopir 

Pada saat membicarakan mengenai gaji seorang sopir jumlahnya berbeda-beda. Bahkan, untuk jumlah gaji seorang sopir juga bergantung pada wilayahnya masing-masing. 

Setiap satu bulan seorang sopir mempunyai gaji pokok kurang lebih Rp4.000.000,00. Akan tetapi, untuk hal tersebut berbeda-beda di setiap daerahnya. 

Sedangkan, untuk paling rendah gaji dari seorang druver adalah Rp2.000.000,00. Biasanya untuk anda yang bekerja menjadi sopir di kota-kota besar bisa mendapatkan jumlah gaji lebih banyak. 

Nah, itulah dia penjelasan secara lengkap dan jelas mengenai tugas, tanggung jawab dan gaji daru seorang sopir. Semoga dengan adanya penjelasan diatas bisa memberikan informasi untuk Anda yang ingin memilih profesi tersebut.

 Artikel Terkait

Berita terkait

Berikan Komentar Kalian

Back to top button
Enable Notifications OK No thanks