Pilkada Cianjur 2020Today

Ini Skenario Pemungutan Suara dengan Protokol Kesehatan di Cianjur

CIANJURTODAY.COM, Cianjur – Pemungutan suara pada Pilkada Cianjur 2020 akan menerapkan protokol kesehatan. Hal ini disebabkan pandemi Covid-19 yang masih belum berakhir.

Ketua Divisi Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih Masyarakat Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Cianjur, Rustiman, mengatakan, ada sembilan hal baru di TPS ketika proses pemungutan suara Pilkada Cianjur 2020. Seluruhnya berkaitan dengan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

“Pertama pemilih itu biasanya maksimal 800 orang sekarang dibatasi maksimal hanya 500,,” tuturnya kepada wartawan di The John Aquatic Resort, Jumat (02/10/2020).

Ada pengaturan kedatangan bagi pemilih yang biasanya bisa kapan saja, dimungkinkan akan dibagi. Misalnya, satu jam pertama 50 orang, satu jam kedua 100 orang.

“Kemudian, jelas masker ini sekarang menjadi kewajiban kepada siapa pun itu nanti yang datang pun harus memakai masker. KPPS nanti setelah ditetapkan mereka akan di-rapid test. Ketika ternyata ada yang reaktif maka akan diganti,” jelas dia.

Selanjutnya, Rustiman mengatakan, lokasi TPS juga akan dipastikan bebas Covid-19. Sebelumnya akan dilakukan sterilisasi dengan cara disemprot disinfektan.

“Peserta nanti akan dikasih sarung tangan satu kali pakai ketika akan memilih. Pengukuran suhu tubuh juga akan ada. Suhu tubuh yang lebih dari 37, 3, mencoblosnya di tempat terpisah,” kata dia.

Lalu, hal baru di TPS yang akan ada saat Pilkada Cianjur 2020 nantinya adalah paku yang digunakan untuk mencoblos akan senantiasa disterlisisasi. Dipastikan, pemungutan suara menerapkan protokol kesehatan. “Kemudian tinta yang biasanya dicelup itu akan ditetes. Itu 9 hal baru di TPS.” tukasnya.(afs/rez)

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button