Pendidikan

Inilah Beragam Info Penting Pendaftaran SNMPTN 2020

CIANJURTODAY.COM – Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2020 sudah di depan mata. Ini menjadi salah satu jalur untuk masuk menjadi mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

Dua jalur lagi yang dapat dilalui calon mahasiswa untuk mendaftarkan diri ke PTN yaitu lewat Seleksi Bersama Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dan seleksi mandiri.

Rincian kuota penerimaan di PTN sebanyak 20 persen diambil dari jalur SNMPTN, 40 persen dari SBMPTN, dan 30 persen dari seleksi mandiri.

Untuk kamu yang mau daftaran SNMPTN 2020, kamu diharuskan melakukan tahap awal registrasi dulu nih. Caranya melalui laman portal.ltmpt.ac.id yang sudah dibuka sejak 2 Desember 2019 hingga 7 Januari 2020.

Lakukan Resitrasi

Registrasi dengan melakukan pendaftaran akun di: portal.ltmpt.ac.id. Registrasi akun LTMPT merupakan kebijakan baru LTMPT di penerimaan mahasiswa tahun 2020.

Bukan hanya siswa yang hendak mengikuti SNMPTN saja, tetapi siswa yang hendak mengikuti SBMPTN juga wajib melakukan registrasi akun LTMPT. Pembuatan akun bisa kamu lakukan pada link: https://portal.ltmpt.ac.id/

Jangan lupa, nilai kamu harus memadai dalam kuota yang ditentukan melalui Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) yang diisi oleh pihak sekolah. Pengisian PDDS oleh sekolah pada13 Januari – 6 Februari 2020. Lakukan pengecekan NPSN di laman PDSS.

Sekolah harus memastikan bahwa NPSN beserta data sekolah sudah benar dan terverifikasi di PDSPK Kemendikbud.

Cara Daftar SNMPTN 2020

  • Setelah kamu memiliki akun maka berikutnya kamu bisa mendaftarkan diri melalui laman web.snmptn.ac.id tanggal 11 sampai 25 Februari 2020. 
  • Setalah memiliki akaun dan telah memenuhi kriteria pemeringkatan oleh sekolah, gunakan email dan password login ke laman LTMPT https://portal.ltmpt.ac.id untuk melakukan pendaftaran.
  • Berikutnya kamu melalukan pengisian biodata, pilihan PTN, dan pilihan program studi, serta mengunggah pas foto resmi terbaru dan dokumen prestasi tambahan (jika ada). Pastikan kamu membaca dan memahami seluruh ketentuan yang berlaku pada PTN yang dipilihan.
  • Jika kamu memilih program studi bidang seni dan olahraga, maka kamu wajib mengunggah portofolio dan dokumen bukti keterampilan yang telah disahkan oleh Kepala Sekolah. Bisa menggunakan pedoman yang dapat diunduh dari laman https://portal.ltmpt.ac.id.
  • Berikutnya, kamu bisa mencetak Kartu Bukti Pendaftaran sebagai tanda bukti peserta SNMPTN.

Sebagai catatan penetapan jumlah siswa yang bisa mendaftar SNMPTN 2020 ditentukan dengan ketentuan Akreditasi Sekolah yakni;

Akreditasi A: 40 persen
Akreditasi B: 25 persen
Akreditasi C dan lainnya 5 persen

Setelah dipastikan terdaftar kamu tinggal tunggu hasilnya yang akan diumumkan pada 4 April 2020.(ct4)

Diolah dari berbagai sumber

Berita terkait

Berikan Komentar Kalian

Back to top button

Harap Ijinkan Iklan di Situs Kami

Sepertinya Anda menggunakan pemblokiran iklan. Kami mengandalkan iklan untuk membantu mendanai situs kami