Bisnis Today

Inilah MDM Beserta Fungsinya di Dalam Bisnis

CIANJURTODAY.COM – Pernahkah Anda mendengar istilah MDM? Ya, untuk para pekerja bisnis pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah ini. Mobile Device Management atau biasa disebut MDM adalah salah satu sistem, yang dapat membantu kita dalam urusan Enterprise Mobility Management (EMM).

MDM berfungsi untuk mengelola, memonitor, menintegrasikan dan mendukung perangkat mobile (smartphone, komputer tablet, perangkat POS, laptop ataupun komputer desktop/PC) baik Corporate Owned, Business Only (COBO) ataupun Bring Your Own Device (BYOD) yang mencakup pada pendistibusian aplikasi dan konfigurasi administrasi pada perangkat tersebut.

Fungsi lain dari Mobile Device Management (MDM), yaitu akan memberikan keamanan dan memantau aktifitas pada suatu perangkat.

Beberapa fitur Mobile Device Management (MDM) antara lain device encryption, platform specific policies, SD Card encryption. Geo-location tracking, connectivity profiles (VPN, Wi-Fi, Bluetooth), remote wipe dan beberapa fitur lainnya yang merupakan bagian dari solusi MDM.

Contoh Fungsi MDM Untuk Dunia Bisnis

Di sebuah toko retail atau minimarket, mereka tentu memiliki perangkat KIOSK system yang berbasis android. Sistem tersebut berfungsi sebagai layanan self-service, pembelian tiket, top-up pulsa, dll.

Jika perangakat tersebut belum menggunakan layanan MDM, perangkat tersebut tidak akan optimal dalam hal fungsionalitasnya. Sehingga beberapa kemungkinan bisa terjadi dalam pengelolaan bisnis anda seperti:

  • Seseorang dapat dengan mudah melakukan perubahan settingan terhadap konfigurasi perangkat bisnis anda.
  • Seseorang juga dapat mengaktifkan fitur tethering tanpa sepengetahuan, sehingga pemilik mungkin akan mengalami over kouta internet.
  • Seseorang bisa melakukan installasi aplikasi lain selain aplikasi yang diperuntukan untuk KIOSK system.
  • Dan bahkan seseorang dapat melakukan perubahan ataupun pencurian data dari aplikasi yang ada pada perangkat tersebut.

Di sinilah fungsi penggunaan solusi Mobile Device Management bagi perusahaan Anda.

Segi Management Keamanan MDM

Data perusahaan yang disimpan dalam perangkat mobile baik itu COBO atau BYOD dapat dihapus dan diwipe secara remote, saat perangkat tersebut dicuri atau hilang.

Segi Management Kebijakan

Mobile Device Management dapat mendistribusikan regulasi keamanaan secara otomatis pada perangkat mobile seperti: dapat mematikan kamera, menon-aktifkan sd-card, dilarang mengambil screenshoot, memberikan kata sandi khusus, dll yang bertujuan untuk mengamankan data perusahaan.

Segi Pendistribusian Aplikasi

Mobile Device Management memungkinkan perusahaan dalam mendistribusikan aplikasi apa saja yg di perlukan tanpa proses instalasi aplikasi secara satu persatu.

Segi Management Inventori

Perusahaan dapat dengan mudah  mengumpulkan data aplikasi, dan perangkat mobile secara teratur. Perusahaan juga dapat melacak keberadaan perangkat tersebut.

Nah, itu dia ulasan mengenai MDM. Semoga bermanfaat!(ct2)

Baca Selengkapnya

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker