Tips, Trik, dan Tutorial

Inilah Penyebab Gangguan Pada Sistem Peredaran Darah, Ayo Hidup Sehat!

CIANJURTODAY.COM – Sistem peredaran darah adalah bagian tubuh manusia yang berfungsi untuk mengedarkan oksigen dari sari-sari makanan ke seluruh tubuh. Darah juga merupakan kompnen penting di dalam tubuh yang mempengaruhi semua kinerja organ tubuh.

Karena itu organ peredaran darah seperti jantung dan pembuluh darah harus dijaga kesehatannya.

Apa itu gangguan pada sistem perdaran darah? Merupakan kelainan atau penyakit yang terjadi pada sistem peredaran atau sirkulasi darah manusia baik yang disebabkan oleh faktor internal maupun faktor eksternal. Sistem peredaran darah berfungsi mengangkut makanan dan zat sisa hasil metabolisme.

Sistem peredaran darah manusia terdiri dari darah, jantung, dan pembuluh darah.
Salah satu masalah yang terjadi pada Pembuluh Darah disebabkan oleh pola makan dan gaya hidup yang tidak sehat. Sistem peredaran darah terdiri atas jaringan dari organ, darah, dan pembuluh darah.

Organ dan pembuluh darah bertanggung jawab untuk mengalirkan darah yang berisi, nutrisi, oksigen, hormon dan gas-gas lain menuju sel.

Penyebab Gangguan Sistem Peredaran Darah

Menjaga kesehatan jantung dan peredarah darah itu sangat penting teman-teman.
Berikut Penyebab Gangguan pada Sistem Peredaran Darah Manusia:

Tidak Memperhatikan Asupan Makan

Asupan makanan yang kurang diperhatikan juga bisa beresiko mengganggu kesehatan jantung dan peredaran darah. Dengan terlalu banyak mengonsumsi makanan yang tinggi gula, garam dan lemak apalagi lemak tak jenuh.

Maka dari itu perhatikan kandungan yang terdapat dalam makanan dan minuman yang kalian konsumsi ya. Hindari juga makanan atau minuman instan/kemasan. Sebaiknya perbanyaklah makanan yang sehat seperti sayur, buah, dan yang mengandung protein yang tinggi.

Merokok

Kebiasaan merokok bukan saja berdampak pada perokok aktif, namun juga pada perokok pasif.Saat merokok, segala zat beracun yang ada dalam rokok akan mengalir dalam darah yang akan menyebabkan terkontaminasinya zat-zat penting dalam darah.

Dan, akan terjadi penggumpalan dalam pembuluh darah, sehingga aliran darah menjadi tidak lancar dan tersumbat. Rokok terbuat dari tembakau (Nicotiana Tobaccum L.) Asap rokok mengandung kurang lebih 4000 bahan kimia berbahaya. Zat kimia yang dikeluarkan terdiri dari komponen gas (85%) dan partikel.

Tidak Memperhtikan Berat Badan yang Sehat

Kelebihan berat badan juga obesitas bisa beresiko pada kesehatan jantung dan peredaran dara kita. Sebaiknya kita memantau berat badan yang di sesuaikan dengan tinggi badan kita, supaya berat badan dan tinggi badan seimbang.

Walaupun bentuk dan ukuran tubuh banyak dipengaruhi oleh faktor genetik, namun berbeda dengan berat badan. Berat badan lebih banyak dipengaruhi oleh makanan yang dikonsumsi dan aktivitas tubuh.

Kurang Olahraga

Kurangnya aktivitas fisik menjadi salah satu penyebab utama seseorang mengalami sakit jantung. Karena itu, orang dewasa dianjurkan untuk melakukan olahraga ringan, seperti aerobik, setidaknya selama 30 menit per hari dan lima hari dalam seminggu.

Selain aerobik, olahraga lainnya yang bermanfaat untuk kesehatan jantung, antara lain jalan kaki, jogging, berenang, atau bersepeda.

Begadang

Biasanya, orang yang begadang cenderung mengonsumsi makanan atau minuman yang manis. Misalnya, kopi yang dicampur gula supaya tetap bisa terjaga sampai pagi.

Nah, pola hidup tidak sehat tersebut bisa menyebabkan diabetes mellitus yang merupakan salah satu penyebab aritmia atau gangguan irama jantung yang membuat sistem organ jadi terganggu.(ct7/afs)

Ini adalah berbagai penyakit yang menyerang sistem peredaran darah pada manusia karena sebab sebab diatas antara lain:

  • Atherosclerosis
  • Jantung Koroner
  • Stroke
  • Diabetes mellitus
  • Hemofili
  • Anemia sel sabit
  • Thalasemia
  • Leukemia

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button

Dukung kami dengan Matikan Adblock

Please consider supporting us by disabling your ad blocker