Today

Inovasi Simpelaku Disdukcapil Cianjur, Urus Dokumen Cukup dari Rumah

CIANJURTODAY.COM, Cianjur – Dengan adanya Simpelaku, masyarakat kini tidak harus datang ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Cianjur untuk mengambil dokumen kependudukan. Sebab, Disdukcapil Cianjur kini bekerja sama dengan PT Pos Indonesia untuk pengiriman dokumen kependudukan ke rumah warga.

Sekretaris Disdukcapil Cianjur, Hj Popon Ajizah, mengatakan, hal ini meruapakan inovasi setelah adanya layanan pendaftaran dokumen kependudukan berbasis online. bernama Simpelaku. Warga cukup diam di rumah tanpa harus datang ke kantor untuk mengambil dokumen kependudukan yang dibuat.

“Insya Allah mulai hari ini dikirimkan ke PT Pos, mudah-mudahan besok sudah ada yang diterima masyarakat di tempatnya masing-masing,” tuturnya saat ditemui di Kantor Disdukcapil Cianjur, Kamis (23/07/2020).

Ia mengungkapkan, pendaftaran administrasi kependudukan (adminduk) cukup dari rumah. Pemohon tinggal menunggu pengiriman dokumen yang sudah jadi.

“Pada awalnya sebelum ada kerja sama, itu masyarakat tetap mengambil ke sini dengan jadwal setiap Senin dan Kamis,” jelas dia.

Layanan pengiriman dokumen kependudukan ini tidak dipungut biaya alias gratis. Ia mengatakan, pihaknya menganggarkan dana untuk pengiriman dokumen, sehingga masyarakat diam di rumah saja.

“Jadi kami yang membiayai, masyarakat tinggal menerima aja gratis. Tidak dibebankan biaya kepada masyarakat,” katanya.

Meski demikian, Disdukcapil tetap melayani masyarakat yang tidak paham dengan sistem online. Bahkan, ada customer service yang siap membantu mengajari masyarakat cara menggunakan Simpelaku.

“Kita melayani masyarakat yang belum paham dengan simpelaku. Ada customer service di depan. Banyak yang menanyakan untuk proses menggunakan simpelaku.” tukasnya.(afs/rez)

Berita terkait

Berikan Komentar Kalian

Back to top button

Harap Ijinkan Iklan di Situs Kami

Sepertinya Anda menggunakan pemblokiran iklan. Kami mengandalkan iklan untuk membantu mendanai situs kami