Gaya Hidup

Irfan ‘Ilusi’ Ingin Aspirasi Musisi Cianjur Terwadahi

CIANJURTODAY.COM, Cianjur — Irfan Fauzie, vokalis ‘Ilusi Band’ mendirikan Forum Silaturahmi Musisi Cianjur (FSMC). Hal itu dilakukan demi membangun perkembangan musik di Cianjur, serta menyingkirkan ketakukan akan aktifitas negatif pemuda Cianjur.

FSMC diresmikan pada Januari 2019 dan kini sudah terdaftar kurang lebih 70 musisi. Terdiri dari band, soloist dan musisi tradisional.

Baca Juga: Peringati Hari Buku, Penulis Cianjur Bilang Begini

“Jadi dengan dibangunnya FSMC ini saya berharap musisi-musisi di Cianjur bisa lebih terarah karirnya dan bisa terwadahi aspirasinya di dunia seni khususnya musik,” kata Irfan saat ditemui di Talkshow Wawasan Kebangsaan dan Lingkungan bersama GREEN di SMAN 1 Cianjur, Senin (20/05/2019) sore.

FSMC menampung band, solois, sampai karinding dalam mengembangkan karirnya dan menambah edukasi di dunia musik. Termasuk mengenalkan musik digital.

“Kami menampung berbagai musisi. Nah supaya bisa berkembang, kita adakan acara seperti di alun-alun atau di Taman Kreatif Cianjur supaya bisa eksis. Selain itu, kita beri edukasi mengenai karya mereka itu mau di bawa kemana, nih. Supaya bisa menciptakan karya yang lebih baik lagi,” paparnya.

Musik Cianjur Pernah Berjaya

Irfan mengatakan, industri musik di Cianjur sempat berada di atas angin. Namun karena tidak tertampungnya aspirasi seniman dan tidak ada tempat untuk menaunginya, musik di Cianjur mulai meredup.

“Dulu musik Cianjur berjaya di tahun 90-an. Nah, baru di tahun 2000 ke sana kenapa musik Cianjur mulai sepi? Karena memang musisi-musisi tidak punya dukungan. Mulai dari wadah bernaung dan tempat untuk menyampaikan ide atau aspirasinya dalam bermusik,” kata dia.

Irfan berpendapat, musisi atau seniman itu sama dengan seorang profesor. Hal itu karena dapat membuat hal-hal yang baru dengan inovasi yang berbeda-beda.

Baca Juga: Lima Film Vampir yang Bikin Kamu Tertawa dan Merinding

“Ide dan inovasi itu tidak bisa dibeli oleh uang. Oleh karena itu, menurut saya musisi atau seniman itu sama dengan professor. Bisa membuat sebuah karya, menemukan inovasi-inovasi baru, karena ide itu kan luas dan universal, setiap orangnya pasti berbeda,” tuturnya.

Irfan berpesan, agar pemuda-pemudi Cianjur tetap berkarya dan melakukan hal yang positif. “Saya harap, pemuda-pemudi Cianjur terus berkarya dan tetap memberikan sesuatu yang positif untuk masyarakat.” tutupnya. (ct1)

Baca Selengkapnya

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker