Today

Izin Belum Lengkap, Peternakan Ayam Ini Diduga Sudah Beroperasi

CIANJURTODAY.COM, Warungkondang – Dinas Penanaman Modal Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Cianjur menerima pengaduan adanya aktivitas perusahaan peternakan ayam petelur di Desa Cisarandi, Kecamatan Warungkondang, Kabupaten Cianjur. Padahal salah satu peternakan ayam di Cianjur itu diduga belum mengantongi perizinan secara lengkap.

Kasi Penyelengaraan Perizinan dan Nonperizinan (DPMPTSP) Kabupaten Cianjur, Suferi Faisal, mengatakan pihaknya menindaklanjuti aduan tersebut dengan menurunkan tim ke lapangan. Sufei menuturkan, peternakan ayam petelur itu baru sebatas daftar ke Online Single Submission atau OSS, tapi berkas belum masuk ke DPMPTSP.

“Jadi, sampai saat ini IMB-nya belum terbit,” paparnya.

Suferi menambahkan, jika IMB atau perizinan lainnya belum terbit, secara aturan tidak boleh ada aktivitas operasional apapun. Namun pihaknya tidak berwenang menindak, karena itu ranah Satpol PP sebagai penegak Perda.

“Sebetulnya ranah kita hanya administrasi. Ranah penindakan kan ada penegak Perda,” tuturnya.

Ia menuturkan, sepengetahuannya, perusahaan peternakan ayam petelur sudah mengantongi pertimbangan teknis (Pertek) dari Badan Pertanahan Nasional (BPN). Termasuk juga Upaya Pengelolaan Lingkungan Hidup (UKL) dan Upaya Pemantauan Lingkungan Hidup (​UPL). Namun hal itu belum cukup.

“Tapi itu belum cukup karena harus ada izin lainnya, antara lain seperti siteplan, IMB, dan izin usaha peternakan,” jelasnya.

Sempat Disegel

Di lain pihak, Satpol PP Kabupaten Cianjur sempat menyegel peternakan ayam petelur itu sebagai bentuk pengawasan. Namun segel itu dibuka lagi karena ada itikad dari manajemen perusahaan untuk mengurus kelengkapan perizinan.

“Kita datang ke sana, kemudian kita segel. Karena waktu itu di sana tidak ada yang bisa berbahasa Indonesia, kemudian kita segel. Lalu kita layangkan surat pemanggilan. Baru setelah itu mereka mengutus perwakilan yang bisa berbahasa Indonesia,” kata Kasi Penyidik PNS Satpol PP Kabupaten Cianjur, Heru Haerul Hakim.

Perwakilan perusahaan menyerahkan berbagai kelengkapan administrasi. Di antaranta Pertek dari BPN, resi untuk perizinan, NIB (nomor induk berusaha), dan lain-lain.

1 2Laman berikutnya

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button