Today

‘Jaga Bala Rescue’ Siap jadi Mitra BPBD Dalam Penanggulangan Kebencanaan

CIANJURTODAY.COM, Cianjur – Kabupaten Cianjur kini mempunyai lembaga pencarian dan pertolongan (SAR) baru bernama ‘Jaga Bala Paguyuban Pasundan’ atau Jaga Bala Rescue. Lembaga itu didirikan pengurus Cabang Paguyuban Pasundan Kabupaten Cianjur.

Ketua Cabang Paguyuban Pasundan Kabupaten Cianjur, Yayan Solihin Permana mengatakan, tujuan didirikannya lembaga tersebuat adalah untuk membantu BPBD Kabupaten Cianjur dalam tugas kebencanaan.

“Para anggota yang bergabung di Jaga Bala Rescue telah mengikuti pembinaan dan pelatihan agar mampu terlibat dalam semua kegiatan operasi SAR. Anggotanya pun dilatih untuk menjadi penggiat alam terbuka dan pelestariaan lingkungan hidup,” ujarnya kepada Cianjur Today, Senin (2/11/2020).

Yayan menjelaskan, Jaga Bala Rescue juga berfungsi sebagai sarana pendidikan dan pembentukkan karakter seperti yang diterapkan pada peserta didik di persekolahan Pasundan.

“Sebab, lanjutnya, semua leserta didik kerap dilatih agar dapat menjadi leading sector yang berperan sebagai agen penggerak,” ucapnya.

Yayan menyebut, musim hujan yang kini terus mengguyur Cianjur dapat menyebabkan bencana alam seperti banjir, longsor, dan pergeseran tanah di sejumlah titik di Kabupaten Cianjur.

“Menurut data, Kabupaten Cianjur, Garut dan Sukabumi memang daerah yang memiliki tingkat kebencanaan tertinggi di Jawa Barat. Ketika bencana terjadi, maka yang menjadi leading sector penanganan bencana di tingkat kabupaten dan kota adalah BPBD,” tuturnya.

Namun, lanjut dia, personil BPBD terbatas, terlebih luas daerah yang terkena bencana begitu luas dan sulit dijangkau.

“Maka hadirnya tenaga-tenaga relawan tanggap bencana akan sangat membantu dalam upaya penanganan bencana yang terjadi,” jelasnya.

Yayan mengungkapkan, Jaga Bala Rescue lahir atas respon dan kepedulian Paguyuban Pasundan terhadap kondisi yang ada.

“Lahirnya Jaga Bala adalah jawaban, sekaligus respon dan kepedulian kami terhadap kondisi yang ada. Kendati lembaga ini belum lama berdiri, namun kiprahnya sudah diapresiasi oleh banyak pihak, termasuk BPBD,” ujarnya.

Dalam bencana longsor dan banjir di Cianjur akhir-akhir ini, Jaga Bala Rescue terlibat aktif dalam operasi kemanusian penanganan pascabencana di lokasi bencana.

“Kami siap menerjunkan relawan Jaga Bala ke lokasi-lokasi terjadinya bencana tersebut,” tandasnya.(afs/sis)

Berita terkait

Berikan Komentar Kalian

Back to top button

Harap Ijinkan Iklan di Situs Kami

Sepertinya Anda menggunakan pemblokiran iklan. Kami mengandalkan iklan untuk membantu mendanai situs kami