Today

Jalan Rusak di Ciranjang Buat Warga Rentan Terkena ISPA

CIANJURTODAY.COM, Ciranjang – Ruas Jalan Simatupang di Desa Sindangjaya, Ciranjang, Kabupaten Cianjur terpantau dalam kondisi rusak berat.

Ruas Jalan Simatupang di Ciranjang, Kabupaten Cianjur terpantau dalam kondisi rusak berat dan rentan menimbulkan penyakit bagi warga

Kerusakan tersebut terjadi akibat sudah lamanya tidak ada perbaikan jalan. Sehingga, kondisinya makin parah saat di musim hujan, karena jalan menjadi sangat licin dan banyak kubangan air.

Sementara saat musim kemarau, jalan akan sangat berdebu dan rentan menimbulkan penyakit infeksi saluran pernafasan akut (ISPA).

Salah seorang Tokoh Masyarakat Desa Sindangjaya, Omay (46) menerangkan, ruas Jalan Simatupang mulai dari Kampung Sipon sampai ke tempat Wisata Calingcing memiliki panjang sekitar 9 kilometer dan baru sekitar 4 kilometer saja yang sudah cor beton.

“Sedangkan mulai dari depan Kantor Desa Sindangjaya sampai Wisata Calingcing kurang lebih 4,5 kilometer, kondisinya masih rusak berat,” ujarnya kepada Cianjur Today, Selasa (25/1/2022).

Dengan kondisi jalan rusak tersebut, lanjutnya, baik kendaraan roda dua maupun roda empat harus ekstra hati-hati saat melintas, karena jalan yang tidak rata, berlubang, dan banyak kerikil.

“Kami meminta kepada Pemdes Sindangjaya, Pemkab Cianjur, Pemprov Jabar, maupun pemerintah pusat agar segera memperbaiki jalan tersebutpun. Sehingga bisa mendongkrak kembali roda perekonomian warga setempat,” paparnya.

Sementara itu, Kepala Desa Sindangjaya, Juandi (62) membenarkan kondisi sebagian ruas Jalan Simatupang Desa Sindangjaya yang rusak berat.

“Ruas jalan tersebut sebenarnya setiap tahun dimasukkan dalam agenda Musrenbangdes dan menjadi skala prioritas. Namun, hingga kini masih tidak ada tindak lanjut apapun,” bebernya.

Ia berharap, program pembangunan Jalan Simatupang, Sindangjaya, Ciranjang dapat segera terealisasi secepatnya.

“Ini merupakan akses jalan vital bagi masyarakat dan kami sangat harapkan perbaikan dapat segera dilakukan,” tandasnya.(asi/sis)

Berikan Komentar Kalian

Back to top button