Today

Jalur Gekbrong Rawan Kecelakaan, Polisi Imbau Pengendara Periksa Rem dan Mesin

CIANJURTODAY.COM, Cianjur – Sat Lantas Polres Cianjur mengimbau pengendara memeriksa kendaraannya sebelum bepergian. Terlebih saat melintasi Jalur Gekbrong yang rawan kecelakaan. Seperti yang terjadi Sabtu (18/01/2020) lalu. Sebuah truk kecelakaan karena rem blong di Jalan Raya Cianjur – Sukabumi, Kampung Jati, Desa Gekbrong, Kecamatan Gekbrong, Cianjur,

Kasat Lantas Polres Cianjur, AKP Ricky Adipratama mengatakan, setidaknya ada sembilan pemeriksaan yang harus dilakukan pengendara sebelum berpergian. Terdiri dari faktor pengendara dan kendaraan.

“Pertama itu pastikan bahwa tubuh pengendara juga harus fit dan sehat, kalau sakit bisa berbahaya. Kedua, pastikan juga kondisi mesin kendaraan dalam kondisi baik,” tuturnya kepada Cianjur Today, Senin (20/01/2020).

Selain itu, Ricky pun mengatakan kondisi ban pun perlu diperhatikan. Termasuk rem pun patut diperiksa ditakutkan tidak berfungsi ketika berkendara.

“Ketiga, periksa juga kondisi ban. Pastikan bannya dalam keadaan baik, tidak aus. Pastikan juga tekanannya pas. Keempat remnya, harus berfungsi baik. Periksa minyak remnya,” kata dia.

Aki dan kondisi radiator mesin pun perlu diperiksa agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. “Periksa akinya, pastikan berfungsi dengan baik dan juga tidak bocor. Radator juga, harus dicek kembali takutnya tidak berfungsi,” ungkapnya.

Lampu pun patut diperiksa kondisinya. Jangan lupa cek ketersediaan oli sebelum berangkat.

“Selanjutnya, itu lampu. Periksa juga dan pastikan menyala, berfungsi dengan baik. Oli juga harus dicek, takutnya oli kendaraan itu kurang.”pungkasnya.(afs/rez)

Baca Selengkapnya

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker