Today

Jangan Lihat Gerhana Matahari Cincin Pakai Mata Telanjang! Ini Penjelasannya

CIANJURTODAY.COM, Cianjur – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur mengimbau masyarakat untuk tidak melihat gerhana matahari cincin secara langung dengan mata telanjang. Sebab, bila melihat fenomena ini secara langsung, dapat menyebabkan keruskan pada mata.

“Saya imbau keada masyarakat untuk tidak melihat gerhana secara langsung karena memang bisa menyebabkan mata mengalami kerusakan.” tutur Sekretaris BPBD Kabupaten Cianjur, Mokh Irfan Sofyan kepada wartawan, Kamis (26/12/2019).

Ia pun menyarankan masyarakat untuk melihat gerhama dengan melihat pantulan dari kolam. Bisa juga menggunakan kacamata hitam agar mata lebih terlindungi.

“Magnitudonya sampai 76 persen, jadi resikonya cukup besar. Bisa mengakibatkan kerusakan mata, juga kebutaan, meskipun 76 persen. Karena cincinnya yang bahaya,” tambahnya.

Gerhana ini terjadi pada pukul 10.44 WIB dan akan berlangsung sekitar tiga jam. Puncaknya terjadi pada pukul 12.30 WIB dan berakhir pada 14.30 WIB

“Disebut matahari cincin, karena piringan matahari ini tertutup piringan bulan meskipun bayangan totalnya tidak sampai di bumi.” tandasnya.(afs)

Baca Selengkapnya

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button
Close
Close

Dukung kami dengan Matikan Adblock

Please consider supporting us by disabling your ad blocker