Tips, Trik, dan Tutorial

Jangan Salah Kaprah, Ini Perbedaan AM dan PM

CIANJURTODAY.COM – Jangan salah kaprah, ini perbedaan penyebutan waktu AM dan PM. Penyebutan waktu ini biasanya digunakan di luar negeri, berbeda dengan Indonesia yang membagi penyebutan waktu seperti pukul 09.00 untuk jam sembilan pagi, dan 21.00 untuk jam sembilan malam.

AM merupakan singkatan dari Ante Meridiem, sementara PM untuk Post Meridiem. Istilah “meridiem” berasal dari bahasa Latin yang artinya ‘tengah hari’. Sementara ante artinya sebelum, dan post artinya sesudah. Maka dari itu AM digunakan pada waktu sebelum tengah hari atau pagi dan PM digunakan pada waktu setelah tengah hari.

Pembagian waktu dua kali 12 dalam satu hari ini, dimulai pada tengah malam atau jam 00:00, sehingga jika menggunakan pembagian 12 jam, tengah malam akan disebut 12:00 AM.

Putaran 12 jam pertama, dimulai pada
pukul 12:00 tengah malam, hingga jam 12:00 tengah hari. Siklus 12 jam berikutnya dimulai pada pukul 12:00 siang sampai tengah malam. Singkatnya yaitu dari jam 12:00 (tengah malam) sampai 11:00 siang, ditulis dengan AM, sementara dari jam 12:00 (tengah hari) sampai 11:00 malam ditulis dengan PM.

Pengunaan AM dan PM biasanya tidak secara verbal. Beberapa negara yang menggunakan istilah ini memanfaatkan AM dan PM untuk mempersingkat kata-kata saat berbicara mengenai waktu.

Tengah Malam 12.00 AM atau 12.00 PM?

Bagi kita yang menggunakan perhitungan 24 jam, pasti agak kesulitan memahami penggunaan AM dan PM. Salah satu yang paling sering dibingungkan adalah jam 12 malam, menggunakan PM atau AM?

Jadi jam 12 malam, disebut dengan 12 AM sedangkan PM disebut pada saat waktu menunjukan pukul 12 siang atau tengah hari. Nah itu dia perbedaan AM dan PM. Semoga bermanfaat!(ega/rez)

Sumber : sederet.com

Berita terkait

Berikan Komentar Kalian

Back to top button
Enable Notifications OK No thanks