Tips, Trik, dan Tutorial

Jarang Diketahui, Ini Enam Hal ‘Terlarang’ Saat Melamar Pekerjaan

CIANJURTODAY.COM – Saat melamar pekerjaan ada banyak hal yang harus kita perhatikan. Namun, terkadang kita tidak sadar telah melakukan banyak kesalahan.

Kesalahan ini biasanya terlihat sepele tapi ternyata berdampak buruk pada citra kamu sebagai pelamar pekerjaan.

Nah, kali ini Cianjur Today telah merangkum enam larangan atau hal yang tidak boleh kamu lakukan saat melamar pekerjaan. Simak ulasannya!

Mengirim Pesan Malam Hari

Kesalahan pertama yang sering sekali terjadi adalah mengirim pesan di luar jam kerja. Ini merupakan tindakan yang kurang baik.

Mengrim pesan pada malam hari bagi sebagian orang bisa dianggap sebagai perlakuan tidak sopan, lho! Jadi pastikan kamu tidak melakukan kesalahan ini ya. Sebaiknya kamu kirim pesan saat jam kerja.

Mengirim CV Berbentuk Foto

Saat ini, melamar pekerjaan bisa dilakukan dengan mengirim email kepada perusahaan. Namun, tidak jarang para pelamar tidak memperhatikan dengan baik harus seperti apa cara melamar lewat email.

Biasanya seluruh persyaratan dikirim dengan file PDF, tetapi para pelamar yang “gaptek” atau malas malah mengirim foto surat-surat yang diambil dengan smartphone.

Hal ini, tentu saja akan menjadi nilai minus bagi kamu. Cobalah untuk lebih memperhatikan hal ini dengan baik.

Mengirim Foto Nonformal

Yang ini mungkin jarang terjadi, tetapi pasti saja ada. Saat melamar pekerjaan kamu diharuskan mengirim pas foto terbaru dengan pose resmi atau tanpa gaya.

Tetapi tidak sedikit para yang mengirimkan foto dengan gaya nonformal. Mungkin ada banyak alasan mereka melakukan itu, tapi pastikan kamu tidak melakukan ini ya!.

Tidak Membaca Lowongan dengan Baik

Tidak sedikit para pelamar hanya fokus dengan tujuan “yang penting dapet kerja dulu”. Mereka sering kali tidak memperhatikan bagian apa yang dibutuhkan perusahaan, sehingga saat sampai pada tahap interview akan timbul pertanyaan “ini kerjanya bagian di posisi apa ya?”.

Nah pastikan kamu menghindari ini, kalau ingin dapat nilai tambah saat melamar kerja.

Menjelekan Perusahaan Sebelumnya

Alih-alih mendapat simpati, saat kamu mencoba menjelekan perusahaan lama pada perusahaan baru, kamu hanya akan membuat citramu menjadi buruk.

Cobalah untuk bicara dengan baik dan sopan. Kejadian seperti ini akan sangat tidak disukai perusahaan.

Mengawali pesan dengan “P”

Kebiasaan buruk kita yang telah membudaya yaitu, mengirim pesan diawali dengan huruf “P”. Meski telah diketahui sebagai salam sapaan, namun “P” bukanlah hal yang baik kamu kirimkan pada perusahaan.

Kamu harus menggunakan bahasa yang sopan, santun dan lugas.

Itu dia enam hal yang tidak boleh kamu lakukan saat melamar pekerjaan. Pastikan kamu tidak melakukan kesalahan di atas ya! (ct2)

Berikan Komentar Kalian

Back to top button