Gaya Hidup

Jarang Disadari, Berikut Tanda-tanda Kanker Ovarium yang Berisiko Merenggut Nyawa Pengidapnya

CIANJURTODAY.COM – Kanker menjadi penyakit yang cukup menghantui masyarakat, karena jenisnya yang banyak dan keberadaannya yang tak terduga. Salah satu yang rentan dialami wanita adalah kanker ovarium. Ini termasuk penyakit yang dapat menyebabkan kematian pada perempuan.

Banyak kasus wanita yang harus tak tertolong lantaran metode deteksi dini penyakit itu yang belum tersedia, sehingga pasien kerap terlambat mendapat pengobatan. Kondisi itulah yang bisa meningkatkan risiko kematian pada pasien kanker ovarium.

Menurut dokter Spesialis Obgyn, dr Kartika Hapsari SpOG mengatakan, biasanya para perempuan justru mengetahui mengalami kanker ovarium saat tak sengaja melakukan medical checkup atau pemeriksaan USG kehamilan.

“Penyakit ini punya julukan silent killer, dia diam-diam datangnya. Banyak pasien yang kaget, kebetulan aja lagi medical checkup. Kadang-kadang, jeleknya pasien kalau lagi hamil aja ke dokter kandungan, di-USG ternyata ada kistanya,” kata dokter Kartika dalam siaran langsung Radio Kesehatan Kemenkes, dikutip Cianjur Today, Rabu (4/2/2021).

Kanker ovarium biasanya identik dengan gejala perut kembung, namun kita tidak bisa juga selalu berspekulasi bahwa setiap perempuan yang mengalami perut kembung mengalami kanker ovarium.

Menurut dokter Kartika melanjutkan, saat masih stadium awal penyakit ini tidak menimbulkan gejala yang khas. Itulah kenapa disebut silent killer. Pada beberapa orang bisa juga menyebabkan gangguan siklus haid, lanjut dokter Kartika. Setelah masuk stadium lanjut, barulah gejala mulai semakin parah.

“Kalau stadium lanjut biasanya sudah menimbulkan gejala mual, muntah, nafsu makan menurun, berat badan turun secara drastis. Jadi gampang lelah, perut gampang kembung, kadang ada gangguan BAB. Tanda itu akan muncul. Kalau sudah tanda itu muncul pasien sudah stadium lanjut dan tumor sudah besar,” ucapnya.

Beberapa Tanda-tanda Kanker Ovarium

  1. Mengalami nyeri di daerah perut atau tulang panggul.
  2. Mengalami begah, gangguan pencernaan, mual atau perubahan kebiasaan buang air besar di daerah gastrointestinal atau pencernaan.
  3. Muncul benjolan di perut, cairan di perut atau perut terasa penuh.
  4. Kehilangan selera makan atau kelelahan yang berhubungan dengan kanker.
  5. Mengalami penurunan berat badan.

Nah itu dia tanda-tanda kanker ovarium, penyakit berbahaya yang tak terduga keberadaannya dan harus diwaspdai sedini mungkin. Semoga bermanfaat.(ega/sis)

Berita terkait

Berikan Komentar Kalian

Back to top button
Enable Notifications OK No thanks