Tips, Trik, dan Tutorial

Jarang yang Tahu! 16 Manfaat Garam Untuk Kesehatan dan Kecantikan

CIANJURTODAY.COM – Garam memiliki banyak manfaat selain untuk penyedap makanan. Ada berbagai tips kesehatan dan kecantikan yang menggunakan garam. Pada umumnya, garam memang sering kita temui di dapur sebagai bumbu utama setiap makanan, tapi anda harus tahu bahwa manfaatnya bukan itu saja. 

Dengan senyawaionik yang terdiri dari ion positif (kation) dan ion negatif (anion), membentuk senyawa netral (tanpa bermuatan) yang penting bagi kesehatan tubuh.

Berikut kami sajikan manfaat garam untuk kesehatan dan kecantikan.

Cegah Diabetes

Tingkat insulin yang sehat diperlukan untuk menjaga tubuh yang bugar. Diet dengan kadar garam rendah dapat melemahkan sensitivitas tubuh terhadap insulin. Ini mengurangi kemampuan tubuh untuk memetabolisme glukosa, memberikan tingkat energi yang buruk ke hati, otot, dan sistem saraf, kemungkinan mengarah ke diabetes tipe dua.

Baik Untuk Kardiovaskular

Telah terbukti bahwa khasiat garam menentukan tekanan darah tubuh dan berdampak pada kesehatan kardiovaskular, yang terutama terkait dengan stroke dan serangan jantung. Tekanan darah tinggi atau hipertensi merupakan penyebab utama kejadian tersebut. Asupan kalsium, magnesium, dan natrium yang tidak adekuat dapat menyebabkan masalah kesehatan. Mengontrol intensitas asupan garam Anda sering memengaruhi tekanan darah.

Meredakan Penyakit Pernapasan

Dengan melakukan terapi garam kering dapat memperbaiki masalah pernapasan. Garam dapat membantu mengurangi peradangan dan membuka saluran napas dengan menyingkirkan alergen dan racun.

Selain itu, terapi garam dapat memperbaiki berbagai masalah pernapasan. Seperti asma, alergi, bronkitis, pilek, infeksi telinga, dan radang selaput lendir.

Menjaga Kesehatan Kehamilan

Ibu hamil diminta untuk memastikan diet yang sehat untuk menjaga tubuh mereka sendiri dan bayi yang sedang berkembang. Seiring dengan kebutuhan diet lainnya, asupan garam yang cukup dianjurkan oleh dokter untuk menjaga kesehatan ibu dan janin.

Atasi Kekurangan Iodine

Garam adalah salah satu sumber yodium yang paling umum. Yodium sangat penting untuk memproduksi hormon tiroid yang merupakan bagian yang sangat penting dari diet. Tubuh tidak menghasilkan yodium secara alami. Tanpa jumlah yodium yang mencukupi, tiroid membesar sebagai upaya untuk memenuhi permintaan tubuh akan hormon tiroid. Ini dapat mengakibatkan kondisi serius seperti perkembangan gondok atau hipotiroidisme.

Tubuh juga membutuhkan hormon tiroid untuk perkembangan yang tepat dari otak dan struktur tulang selama kehamilan dan perkembangan anak. Jika ibu hamil atau ibu menyusui kekurangan yodium, anak-anak dapat menderita keterbelakangan mental. Asupan garam beryodium yang mencukupi dapat mencegah kekurangan yang berakibat fatal.

Menghidrasi Tubuh

Fungsi garam sangat penting untuk mempertahankan tingkat hidrasi tubuh. Sangat penting untuk menjaga keseimbangan elektrolit untuk kelancaran fungsi organ. Elektrolit-elektrolit ini terutama mengandung magnesium, kalium, kalsium, dan natrium.

Sebagai Obati luka

Khasiat garam memiliki kemampuan anti-inflamasi yang dapat menyembuhkan luka dengat cepat san mudah. Caranya, Anda hanya perlu mencampurkan garan dengan air hangat. Kemudian rendam luka Anda selama beberapa menit.

Atasi Bau Mulut

Garam juga bisa menghilangkan bau mulut, salah satu masalah yang kerap dialami oleh banyak orang. Bau mulut disebabkan oleh berkembangnya kuman dan bakteri di dalam mulut akibat kebiasaan malas menggosok gigi.

Bau mulut bisa Anda atasi dengan cara berkumur dengan air garam. Anda hanya cukup menambahkan beberapa sendok garam ke dalam segelas air hangat. Setelah itu, campurkan hingga garam larut. Lalu, gunakan larutan garam tersebut untuk erkumur dengan selama beberapa detik.

Menjaga Kebersihan Gigi

Infeksi bakteri yang menyakitkan seperti trench mouth dapat menyebabkan bisul di gusi. Ini dapat diatasi dengan berkumur air garam untuk membantu mengurangi pembengkakan dan menenangkan gusi yang sakit. Sebagai tindakan kebersihan mulut preventif, membersihkan gigi dengan campuran garam dan baking soda. Air hangat membantu membersihkan plak, memutihkan gigi, dan menjaga gusi tetap sehat.

Obat Sakit Tenggorokan

Faringitis umumnya dikenal sebagai sakit tenggorokan, yang dapat diredakan dengan berkumur air hangat yang dicampur ½ sendok teh garam. Anda harus lakukan cara ini secara rutin hingga mendaptkan khasiat garam.

Manfaat Garam untuk Kecantikan

Selain berfungsi menjaga dan atasai masalah kesehatan tubuh, garam juga berguna untuk dijadikan perawatan kecantikan alamiah. Perawatan menggunakan garam juga tergolong murah dan mudah didapatkan. Berikut ulasannya kami sajikan untuk Anda.

Atasi Masalah Jerawat

Jerawat menjadi salah satu penyakit kulit yang paling rentan terjadi. Jerawat yang sering menyerang secara mendadak tersebut pun bisa diredakan dengan menggunakan garam.

Bonnie Ndoci seorang pemilik salon Facials by Bonnie mengatakan jika garam bisa dipakai untuk melawan jerawat akibat bahan kimia seperti sampo yang menyebabkan alergi pada kulit wajah.

Hal ini dapat Anda lakukan dengan menyampurkan seperempat sendok garam dengan segelas air hangat. Kemudian rendamlah kapas di dalamnya. Taruh kapas tersebut di area jerawat dan tunggu hingga sekitar satu menit. Garam akan mengurangi pembengkakan serta kemerahan pada jerawat.

Sebagai Detoks Kulit

Garam dipercaya bisa melembabkan serta menghilangkan bakteri yang menutup pori-pori kulit. Namun jika ingin mencoba perawatan garam di rumah, Anda bisa melakukannya dengan menyampurkan secangkir garam dengan ke bak mandi berisi air hangat.

Selain itu, mandi garam selama setengah jam bisa membantu Anda mendetoksifikasi dan mengurangi bengkak pada tubuh.

Scrubbing

Garam ternyata bisa menghaluskan kulit serta menyamarkan kerutan jika digunakan untuk scrubbing. Meski terasa perih, garam juga bisa menyembuhkan luka lebih cepat.

Untuk membuat scrub alami menggunakan garam, campurkan saja garam dengan minyak zaitun. Tambahkan minyak esensial seperti lavender, vanila, atau cinnamon sehingga bisa sekaligus merelaksasi tubuh.

Facial

Tekstur garam yang sedikit kasar bisa dimanfaatkan untuk mengelupas sel kulit mati wajah. Anda bisa lakukan dengan cara mencampurkan garam dengan minyak wajah atau facial oil. Pijatkan adonan tersebut pada wajah dengan gerakan berputar. Setelah itu bilas dan bersihkan wajah seperti biasanya.

Toner

Selain sebagai campuran untuk facial, garam juga bisa digunakan sebagai toner. Katherine Dorn menyarankan untuk menyemprotkan campuran garam dengan air hangat ke wajah kemudian tepuk-tepuk hingga kering. Cairan ini bisa menjadi pengganti toner untuk menutrisi kulit.

Obati Bibir Pecah

Untuk atasi bibir pecah-pecah, Anda bisa menyampurkan tiga sendok garam dengan sesendok Vaseline. Setelah itu aduk dan gosokkan adonan secara perlahan pada bibir untuk mengelupas kulit keringnya.

Bersihkan kulit-kulit yang tersisa menggunakan lap basah. Jangan lupa untuk memulaskan lip balm yang melembabkan seusai perawatan.

Nah, itulah tips menjaga kesehatan dan kecantikan tubuh dengan mengunakan manfaat garam. Mudah dan terjangkau bukan?(ct4/rez)

Artikel diolah dari berbagai sumber
Foto: pixabay

Baca Selengkapnya

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker