Today

Jelang Gerhana Bulan Total, PD Muhammadiyah Cianjur Minta Masyarakat Shalat Khusuf

CIANJURTODAY.COM, Cianjur – Pimpinan Daerah (PD) Muhammadiyah Kabupaten Cianjur meminta seluruh masyarakat untuk melaksanakan shalat khusuf saat terjadinya Gerhana Bulan Total atau Super Blood Moon.

Diperkirakan Gerhana Bulan Total terjadi di seluruh wilayah Indonesia, Rabu (26/5/2021) sore ini.

Ketua PD Muhammadiyah Cianjur, Faturahman mengatakan, pada dasarnya memang ada perintah dari pengurus pusat, bahwa jika terjadi gerhana bulan atau matahari harus melaksanakan shalat khusuf.

Hal ini, lanjutnya, sebagai upaya agar masyarakat tidak mengaitkan peristiwa gerhana dengan kematian atau kepercayaan-kepercayaan tertentu, namun memang itu terjadi secara sunatullah.

“Perintahnya ya shalat dan berdoa. Intinya kita harus bertakbir mengagungkan kebesaran Allah dan tidak ada kaitannya dengan peristiwa-peristiwa atau tahayul apapun,” ujar Faturahman kepada Cianjur Today, Rabu (26/5/2021).

Ia mengatakan, ahli astronomi saat ini sudah bisa memperkirakan terjadinya pertemuan atau garis lurus antara Matahari, Bumi, dan Bulan.

“Jadi khusuf atau Gerhana Bulan Total ini adalah posisi tegak lurus antara Matahari, Bumi, dan Bulan. Sementara gerhana matahari, posisi Matahari, Bulan di tengah, kemudian bumi di akhir,” ungkapnya.

Sementara untuk cara shalat khusuf, dilaksanakan sebanyak dua rakaat, setiap rakaatnya itu ada dua rukuk dan dua sujud. Jadi keseluruhan dalam pelaksanaan shalat khusuf tersebut dalam dua rakaat empat rukuk dan empat sujud.

“Muhammadiyah sendiri memang menganjurkan agar pelaksanaan shalat khusuf ini dilakukan secara ringkas, tapi bacaannya panjang,” ucapnya.

Tapi untuk sekarang, lanjutnya, karena sedang dalam masa pandemi, sehingga tidak boleh terlalu lama berkumpul di masjid. Maka dianjurkan untuk meringkas khutbah dan bacaan shalat.

“Muhammadiyah juga akan melaksanakan shalat khusuf nanti malam dan itu dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan. Semuanya wajib memakai masker dan jaga jarak antar satu jamaah dengan jamaah yang lain,” paparnya.

Ia berharap, semoga Kabupaten Cianjur segera dibebaskan dari pandemi Covid-19 yang sudah lama mendera masyarakat.

“Mari kita semua umat Islam bersama-sama berdoa kepada Allah Swt, supaya virus Corona ini dicabut segera, sehingga kehidupan masyarakat bisa kembali normal,” pungkasnya.(ct9/sis)

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button