Today

Jelang Idul Adha 2021, Pedagang Hewan Kurban Mulai Menjamur

CIANJURTODAY.COM, Karangtengah – Menjelang Idul Adha 2021 yang jatuh pada 20 Juli 2021 mendatang, para pedagang hewan kurban kini mulai menjamur di sejumlah wilayah Cianjur.

Beberapa pedagang terlihat mulai menjajakan dan menawarkan harga hewan kurban untuk kebutuhan masyarakat dalam melaksanakan ibadah kurban.

Salah seorang pedagang sapi lokal, Wahyu (50) mengatakan, ia mulai menjajakan hewan sapi jualannya di Jalan KH Saleh, Desa Sindangasih, Kecamatan Karangtengah ini sudah sejak beberapa hari.

Meskipun masih dalam masa pandemi Covid-19, Wahyu mengaku, penjualan terhadap sapi kurban tidak terlalu banyak berpengaruh.

“Alhamdulillah untuk penjualan tidak terlalu berpengaruh dan masih stabil seperti tahun lalu,” tuturnya kepada Cianjur Today, Kamis (1/7/2021).

Harga Sapi Lokal Mulai Rp23-37 Jutaan per Ekor

Menurutnya, harga jual hewan sapi lokal kurban untuk Idul Adha 2021 di Cianjur berkisar antara Rp23 juta hingga Rp37 juta per ekor, tergantung ukuran sapi.

Sementara untuk domba, ia mengaku tidak menjualnya dan hanya fokus pada sapi saja.

“Rata-rata harga sapi lokal untuk di Cianjur kisaran Rp23 juta hingga Rp37 juta per ekor. Itu masih bisa nego, lah,” ucapnya.

Menurutnya, harga seekor sapi dapat bervariasi tergantung dari berat dan besarnya sapi, ketika hendak dijual dan telah lulus uji pemeriksaan dari Dinas Peternakan.

“Sapi lokal sebagian dari wilayah Cianjur dan sebagian lagi dari wilayah Jawa Tengah. Semuanya sudah melalui pemeriksaan kesehatan, jadi sapi-sapi di sini sehat dan dalam kondisi baik,” ujarnya

Wahyu menuturkan, saat ini para pembeli masih berasal dari sekitar wilayah Cianjur saja.

“Sebenarnya saya di sini hanya bertugas menjual saja. Ada beberapa peternak lokal yang langganan menitipkan sapinya untuk saya jual sebagai hewan kurban,” jelasnya.

Wahyu optimistis, perayaan Idul Adha 2021 di Cianjur, tidak akan menyurutkan warga untuk tetap menunaikan ibadah kurban dan berbagi kepada warga lainnya.

“Tahun kemarin saja saya dapat menjual 12 ekor sapi. Kami pun saat ini menyediakan kebutuhan lokal untuk Cianjur, jadi sudah ada pelanggan tetap yang setiap tahunnya juga membeli hewan kurban,” bebernya.

Namun, lanjutnya, untuk tahun ini ia baru memiliki sembilan ekor sapi yang dititipkan para peternak.

“Sudah beberapa hari kami berjualan di sini yang rutin kami lakukan meski Idul Adha 2021 masih 20 hari lagi,” pungkasnya.(ct9/sis)

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button