Pilkada Cianjur 2020Today

Jelang Pilkada 2020, KPU Cianjur Resmikan Kampung Demokrasi

CIANJURTODAY.COM, Cianjur – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Cianjur meresmikan Kampung Demokrasi di Kampung Margaluyu, RW 15, Kelurahan Muka, Kecamatan Cianjur, Senin (13/07/2020). Kampung demokrasi ini merupakan kampung percontohan dalam pelaksanaan Pilkada Cianjur 9 Desember 2020 mendatang.

Ketua KPU Kabupaten Cianjur, Selly Nurdinah mengatakan ada dua kampung lainnya yakni di Kecamatan Cibinong dan Leles. Ia mengatakan yang menjadi indikator pemilihan kampung demokrasi ini adalah dilihat dari partisipasi masyarakat.

“Kita pilih dari partisipasi masyarakat yang memang betul-betul stabil dari pemilihan ke pemilihan dari tahun 2014, 2015, kemudian 2018. Bahkan yang pileg juga menjadi salah satu indikator penempatan kampung demokrasi,” tuturnya kepada wartawan, Senin (13/07/2020).

Kampung demokrasi ini akan menjadi tempat percontohan jelang Pilkada Cianjur 2020. Serta akan menjadi tempat diskusi bagi masyarakat.

“Nantinya akan jadi percontohan dan edukasi masyarakat terkait tahapan penyelenggaraan. Masyarakat juga bisa berdiskusi soal apa-apa yang akan dilaksanakan di pemilihan bupati tahun 2020,” jelasnya.

Dari adanya kampung percontohan ini, lanjut Selly, KPU Cianjur ingin meningkatkan partisipasi masyarakat. Saat ini target nasional ialah 77,5 persen partisipasi masyarakat.

“Yang ingin kita tingkatkan adalah partisipasi masyarakat ya memang tantangan tersendiri di masa pandemi Covid-19 ini targetan di nasional itu 77, 5 persen. Sedangkan data yang ada tren Pilkada ini menurun. Cianjur juga seperti itu,” ungkapnya.

Ia pun berharap partisipasi masyarakat di Cianjur bisa mencapai target. Paling tidak, kata dia, bisa mencapai target pileg 2019.

“Mudah-mudahan tantangan ini menjadi yang nanti bagaimana KPU Cianjur supaya bisa lebih meningkatkan partisipasi masyarakat walaupun tidak 77,5 persen, tetap di angka di pileg 2019.” tutupnya.(afs)

Berita terkait

Berikan Komentar Kalian

Back to top button

Harap Ijinkan Iklan di Situs Kami

Sepertinya Anda menggunakan pemblokiran iklan. Kami mengandalkan iklan untuk membantu mendanai situs kami