Today

Jelang Tahun Baru, Satgas Sediakan Pemeriksaan Rapid Test Antigen di Setiap Tempat Wisata

CIANJURTODAY.COM, Cianjur – Jelang tahun baru, tim Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Cianjur, menyediakan 250 alat rapid test antigen di setiap tempat wisata demi mengantisipasi penularan Covid-19.

Juru Bicara Pusat Informasi Covid-19 Kabupaten Cianjur, dr Yusman Faisal mengatakan, rapid test antigen akan difokuskan di tempat wisata seperti Kota Bunga, Kebun Raya Cibodas, Taman Bunga, Sevillage, dan Puncak Pas.

Yusman menilai, rapid test antigen jelang tahun baru dipilih karena dianggap paling efektif dengan hasil yang lebih cepat didapat, dibandingkan swab test. Selain itu, lanjut Yusman, biaya tesnya sendiri hanya Rp250 ribu.

“Kalau swab test kan hasilnya berminggu-minggu, sehingga tidak efektif untuk mengantisifasi penyebaran Covid-19 di tahun baru sekarang,” ujarnya kepada Cianjur Today, Kamis (31/12/2020).

Selain itu, Yusman menjelaskan pihak Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Cianjur juga akan mengawasi di setiap tempat wisata khususnya dalam hal kerumunan.

“Namun apa yang kami lakukan juga bukan tanpa kendala. Seperti kejadian kemarin, dimana petugas sempat didemo oleh para pedagang di sekitar tempat wisata, karena dengan adanya test tersebut dinilai mencegah datangnya pengunjung,” jelasnya.

Walaupun demikian, lanjutnya, pihaknya akan tetap melakukan pemeriksaan rapid test antigen demi menekan penyebaran Covid-19 di Cianjur yang jumlahnya semakin meningkat.

Yusman mengatakan, untuk sektor hotel dan restoran, Satgas telah menyerahkan terkait upaya pencegahan kepada pengelola masing-masing.

“Kami akan terus mobile untuk memeriksa hotel dan restoran mana saja yang masih jarang terjamah. Karena jumlahnya yang banyak, terutama di wilayah Cianjur Kota,” ungkapnya.

Ia berharap di tahun baru sekarang semua masyarakat bisa mematuhi aturan yang ditetapkan oleh pemerintah, agar seluruhnya kompak bersama-sama menekan penyebaran Covid-19.

“Semoga semua masyarakat Cianjur bisa terus mematuhi protokol kesehatan, demi mencegah penularan Covid-19 semakin meluas,” tandasnya.(afs)

Berita terkait

Berikan Komentar Kalian

Back to top button