Gaya Hidup

Jelaskan Akibat Keberagaman Masyarakat Indonesia Untuk Kepentingan Sesama

CIANJURTODAY.COM – Akibat adanya keberagaman masyarakat di Indonesia ini bisa dimaknai secara negatif atau positif. Seperti yang anda ketahui, untuk negara Indonesia ini mempunyai keanekaragaman baik dari suku, ras, agama, budaya dan sumber daya alam. 

Masyarakat Indonesia kini juga tidak lepas dari pengaruh bangsa dari luar ketika di masa penjajahan. Bahkan, ada juga para pedagang yang dari luar untuk datang ke Indonesia seperti India, Tiongkok, dan masih banyak lainnya. 

Dengan adanya keberagaman di Indonesia ini membuat masyarakat menjadi plural atau majemuk. Namun, anda perlu pahami lagi dengan adanya keberagaman masyarakat di Indonesia ini juga memunculkan beberapa akibat. 

Lantas apa saja akibat yang disebabkan dengan adanya keberagaman masyarakat Indonesia. Sedangkan untuk anda yang ingin tahu apa saja jawabannya, bisa simak lebih lengkapnya di bawah ini. 

Jelaskan Akibat Keberagaman Masyarakat Indonesia

Seperti yang sudah disebutkan pada sebelumnya, bahwa Indonesia mempunyai banyak ras, suku, agama yang berbeda-beda. Maka dari itu, untuk akibat dari banyaknya keberagaman pada masyarakat Indonesia adalah: 

1. Mempunyai Banyak Suku Di Dalam Masyarakat Indonesia 

Untuk akibat yang pertama bisa dirasakan oleh kalangan masyarakat Indonesia adalah mempunyai banyak suku. Perlu dipahami, untuk kemajemukan yang ada di kehidupan masyarakat ini sudah berlangsung sejak awal Indonesia merdeka. 

Awal pertama Indonesia merdeka sudah ada berbagai macam-macam jenis suku antara kehidupan masyarakat. Untuk beberapa suku tersebut muncul dan berlangsung dengan kehidupan lingkungan tempat tinggal nya. 

Maka dari itu, untuk salah satu akibat dari keberagaman Indonesia adalah banyaknya suku yang bermunculan. Tentu saja untuk setiap suku yang ada di Indonesia ini mempunyai identitas masing-masing. 

2. Mempunyai Banyak Jenis Kebudayaan

Dengan banyaknya suku yang ada di Indonesia ini juga memberikan dampak terhadap kebudayaan. Seperti yang anda ketahui, untuk saat ini Indonesia sudah mempunyai kebudayaan yang beraneka ragam bentuknya. 

Bahkan untuk keberagaman dari kebudayaan tersebut bisa terlihat dalam bentuk beberapa hal. Untuk perbedaan kebudayaan bisa dilihat dari tradisi, upacara serta beberapa simbol yang digunakan oleh kalangan masyarakat lainnya. 

3. Munculnya Adat Istiadat Di Dalam Lingkungan Masyarakat

Adanya keragaman masyarakat yang muncul di setiap perbedaan ini juga memunculkan banyaknya adat istiadat di Negara Indonesia. Pada setiap kelompok masyarakat yang ada di Indonesia mempunyai adat istiadat yang diyakini dan diterapkan pada saat menjalani kehidupan sehari-hari. 

4. Mempunyai Banyak Jenis Bahasa 

Tidak hanya masalah suku, ras dan agama saja. Akan tetapi, dengan banyaknya keberagaman di Indonesia ini juga memberikan dampak terhadap bahasa yang digunakan pada sehari-hari. 

Perlu anda ketahui, setiap suku etnis yang ada di dalam kehidupan masyarakat Indonesia ini mempunyai bahasa berbeda-beda. Apalagi ketika disesuaikan dengan letak geografis ada banyak sekali bahasa yang ada di Indonesia. 

5. Terdapat Ras, Golongan dan Kelompok Etnis Masyarakat Indonesia 

Setelah adanya banyak bahasa, juga bermunculan berbagai ras, golongan, kelompok dan etnis di setiap kelompok masyarakat. Untuk hal yang satu ini juga tidak bisa dipungkiri. Selain itu, dengan adanya akibat yang satu ini bisa dijadikan sebagai alat perbedaan identitas dari sebuah kelompok masyarakat. 

6. Mempunyai Perbedaan Agama, Kepercayaan dan Keyakinan yang Beragam 

Untuk kalangan masyarakat Indonesia pastinya sudah tahu, akibat dari adanya keberagaman ini membuat warna bisa menganut agama dengan hati nuraninya. Bahkan untuk pemilihan agama ini tidak bisa dipaksa. Begitu juga dengan kepercayaan dan keyakinan dari setiap kelompok masyarakat juga tidak bisa dipaksa. 

7. Bisa Menimbulkan Terjadinya Suatu Konflik Terhadap Masyarakat 

Selain muncul suku dan ras yang berbeda-beda, ada pula konflik yang disebabkan banyaknya macam-macam keberagaman di Indonesia. Untuk konflik kali ini biasanya terjadi pada kalangan masyarakat majemuk. Dengan hal tersebut juga menjadi salah satu ancaman bagi keutuhan, persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia. 

8. Perubahan Sosial yang Terjadi Di Dalam Masyarakat 

Dengan banyaknya keberagaman yang ada di Indonesia ini juga berdampak dengan perubahan sosial. Untuk akibat yang satu ini juga bergantung terhadap beberapa kalangan masyarakat menyikapinya. 

Bagi kalangan masyarakat yang terlalu berlebihan untuk menanggapi permasalahan satu ini, biasanya mempunyai perilaku sensitif. Sedangkan untuk kalangan masyarakat yang beranggapan hal tersebut biasa saja, maka bisa menerima adanya keberagaman suku, ras, agama dan lain-lain. 

9. Memunculkan Kepentingan dan Pandangan Politik yang Berbeda

Untuk akibat yang paling akhir ini mempunyai hubungan dengan politik. Tentu saja, pada akibat yang satu ini sudah menjadi satu hal yang biasa terjadi di kalangan masyarakat. 

Selain itu, juga muncul perbedaan kepentingan secara perspektif. Sedangkan untuk perspektif kali ini mempunyai pengaruh terhadap pandangan politik, ekonomi dan masih banyak lainnya. 

Suku Tertua di Indonesia

Indonesia merupakan negara dengan banyak pulau. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, Indonesia memiliki keberagaman yang sangat kaya. Suku-suku yang ada di Nusantara pun sepertinya tidak terhitung. Akan tetapi, pasti ada yang bertanya, adakah suku tertua di Indonesia?

  1. Suku Wajak

Konon katanya, Suku Wajak mulai menghuni desa Wajak, Tulungagung, Jawa Timur sekitar 500 ribu sampai 1 jtua tahun yang lalu. Menurut penemuan fosil manusia purba, suku ini adalah yang pertama datang ke Indonesia.

  1. Suku Kerinci

Berdasarkan sejarahnya, suku Kerinci ini dikenal sebagai melayu tua dan mulai datang ke Indonesia pada 400 sebelum masehi. Suku ini tinggal di pulau Sumatera khususnya di dataran tinggi Jambi.

  1. Suku Gayo

Konon, Suku Gayo ini sudah mulai datang ke Indonesia yaitu di Tanah Gayo pada 2000 tahun sebelum masehi. Biasanya masyarakat suku Gayo bertempat tinggal di dataran tinggi Gayi yang berada di wilayah tengah provinsi Aceh.

  1. Suku Mentawai

Berdasarkan sejarahnya, Suku Mentawai ini sudah datang ke Indonesia tepatnya di wilayah barat Sumatera sejak 500 sebelum masehi. Suku ini tinggal di Mentawai, Sumatera Barat.

  1. Suku Dani

Salah satu suku tertua di Indonesia ini diyakini berasal dari sepasang suami istri. Mereka tinggal di danau di sebuah desa bernama Maina tepatnya di lembah Baliem. Suku Dani merupakan suku asli di Papua, mereka tinggal di pegunungan Tengah, Jayawijaya.

  1. Suku Jawa

Suku yang sangat terkenal dan memang merupakan mayoritas jumlah penduduk Indonesia ini adalah salah satu suku tertua di Nusantara. Menurut beberapa penelitian, Suku Jawa memang merupakan pribumi di Tanah Air.

Berdasarkan daftar suku tertua di Indonesia di atas, sudah dipastikan bahwa Nusantara sudah memiliki banyak keberagaman sejak sebelum masa penjajahan sekali pun. Maka dari itu, akibat dari adanya keberagaman di Indonesia tersebut, memang sudah sepatutnya kita saling menghargai dan menyayangi satu sama lain. Jangan sampai Indonesia terpecah dan muncul peperangan antar saudara setanah air.

Nah, itulah dia penjelasan secara lengkap mengenai akibat keberagaman di Indonesia. Diharapkan setelah adanya pembahasan tersebut bisa memberikan banyak manfaat terhadap kalangan masyarakat di Indonesia.

Artikel Terkait

Berita terkait

Berikan Komentar Kalian

Back to top button

Harap Ijinkan Iklan di Situs Kami

Sepertinya Anda menggunakan pemblokiran iklan. Kami mengandalkan iklan untuk membantu mendanai situs kami