Pendidikan

Mengenal Organ Penyusun Sistem Pernafasan Manusia Beserta Fungsinya

CIANJURTODAY.COM – Mengenal Organ penyusun sistem pernapasan manusia beserta fungsinya salah satunya adalah satu laring. Adalah salah satu organ saluran pernafasan yang membawa udara menuju ke trakea.

Fungsi dari laring melindungi saluran pernafasan dengan menutup dan secara cepat pada stimulasi mekanik. Cara ini mencegah masuknya benda asing ke dalam saluran pernafasan.

Pada perkembangannya sistem pernafasan manusia memiliki beberapa bagian terdiri atas hidung, faring,laring atau ruang udara.Kemudian trakea atau dikenal dengan nama tenggorokan terus bronkus serta paru-paru.

Namun, menariknya sistem pernafasan juga tersusun atas dua bagian utama, termasuk penyusun sistem pernafasan bagian atas, yakni hidung dan faring. Selain itu bagian kedua di area bawah meliputi laring, trakea, bronkus dan paru-paru.

Selanjutnya bagian penghubung, antara lain hidung, faring, laring,trakea, bronkus, bronkiolus. Masing-masing bagian pada sistem pernafasan tersebut mempunyai fungsi dan kegunaan yang berbeda-beda.

Tetapi organ penyusun sistem pernafasan manucxcsia beserta fungsinya tersebut saling berhubungan satu dengan lainnya. Jika, salah satu mengalami masalah kesehatan, maka organ pernafasannya lainnya memiliki pengatuhnya.

Apa Saja Organ Penyusun Sistem Pernapasan Manusia Beserta Fungsinya

Bagian penghubung meliputi hidung, faring, laring, trakea, bronkus dan bronkiolus yang memiliki fungsi masing-masing merupakan organ penyusun sistem pernafasan manusia, salah satunya:

Hidung

Berfungsi menghembuskan nafas Kemudian rambut yang terletak pada lubang kecil atau populer dengan nama silia berfungsi menyaring partikel asing seperti debu atau kotoran lainnya.Silia tidak hanya menyaring partikel tetapi juga melindungi rongga hidung dan daerah saluran pernafasan lainnya.

Faring

Salah satu organ penyusun sistem pernapasan manusia beserta fungsinya adalah faring, yang berfungsi sebagai jalur masuk udara, makanan,ruang resonansi suara dan sebagai tempat tonsil.

Faring dalam perkembangan juga dikenal tempat persimpangan antar saluran pernafasan bagian depan serta saluran pencernaan bagian belakang.

Laring

Laring dan fungsinya yang lain, yakni laring. Adalah organ penyusun sistem pernapasan manusia beserta fungsinya yang membawa udara ke trakea, yang berfungsi melindungi saluran pernafasan dengan cara menutup.

Selanjutnya secara cepat stimulasi mekanik. Laring ini dalam perkembangan mampu mencegah maupun mengatasi benda asing masuk ke dalam saluran pernafasan.

Masih ada beberapa pen jelaskan organ penyusun sistem pernapasan manusia beserta fungsinya yang berperan penting dalam menjaga saluran pernafasan lebih baik. Deretan organ tersebut,antara lain trakea, bronkus, paru-paru hingga alveolus yang berfungsi tempat pertukaran gas dalam paru-paru.

Artikel Terkait:

Berita terkait

Berikan Komentar Kalian

Back to top button
Enable Notifications OK No thanks

Harap Ijinkan Iklan di Situs Kami

Sepertinya Anda menggunakan pemblokiran iklan. Kami mengandalkan iklan untuk membantu mendanai situs kami