Today

Jembatan Cisadea Sindangbarang Hanyut Terbawa Banjir, Aktivitas Warga Terhambat

CIANJURTODAY.COM, Sindangbarang – Jembatan Cisadea di Kampung Bojonggede, RT 01/RW 02, Desa Muaracikadu, Kecamatan Sindangbarang hanyut terbawa banjir, pada Sabtu (12/6/2021).

Ketua RT Bojonggede, Iskandar mengatakan, bahwa hanyutnya jembatan tersebut akibat banjir bandang yang sebelumnya terjadi hujan deras di kawasan tersebut.

“Sebelumnya hujan deras terus mengguyur pada Sabtu sore, sehingga terjadi banjir di kawasan Cisadea. Namun tidak heran lagi, karena tiap tahun juga pasti terjadi seperti itu,” ujar Iskandar kepada Cianjur Today, Minggu (13/6/2021).

Menurutnya, jembatan tersebut dibangun atas dasar swadaya masyarakat dan menjadi penghubung dua desa, yakni Desa Muaracikadu dan Desa Sirnagalih.

“Kami selalu bangun setiap tahun dari dana swadaya masyarakat. Namun karena menggunakan kayu, sehingga cepat rusak dan keropos,” jelasnya.

Ia mengatakan, keberadaan Jembatan Cisadea sangat penting bagi kedua desa. Karena sebagai akses jalan dan transportasi warga.

“Karena kalau tidak ada Jembatan Cisadea Sindangbarang tersebut, warga terpaksa harus menggunakan sampan atau perahu kecil untuk bisa menyeberangi desa,” terangnya.

Ia pun meminta kepada pihak desa setempat maupun pihak Pemerintah Kabupaten untuk memperhatikan pembangunan jembatan yang menjadi akses utama masyarakat tersebut.

“Sudah bosan tiap tahun begini terus nasib kami. Aktivitas warga jadi terhambat. Kalau musim hujan datang, jembatan pasti terbawa hanyut dan kami harus bangun lagi,” paparnya.

Namun begitu, karena bantuan dari pemerintah belum kunjung datang, ia bersama warga pun terpaksa pasrah.

“Mau bagaimana lagi, karena ini kan kebutuhan semua orang. Anak-anak sekolah lewat sini, ibu-ibu ke pasar lewat sini juga, jadi kami mohon pada Pemkab Cianjur untuk memperhatikan pembangunan Jembatan Cisadea Sindangbarang ini,” tegasnya. (ct10/sis)

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button