Today

Jembatan Penghubung Hancur, Akses Tiga Desa di Cianjur Terputus

CIANJURTODAY.COM, Cianjur – Jembatan sepanjang 40 meter penghubung antara tiga Desa di Kecamatan Pasirkuda, Kabupaten Cianjur hancur tergerus arus sungai, Sabtu (7/5/2022) sekitar jam 23.00 Wib.

Jembatan yang berada di Kampung Cipamutih ini merupakan penghubung antara tiga desa. Yakni Desa Kubang, Desa Pasir Jambu, Desa Padamulya. Akibat kerusakan tersebut, aktivitas warga yang biasa melewati jembatan itu pun terganggu.

Salah Sorang Putra Daerah, Iwan Rio mengatakan, masyarakat harus bersusah payah memutar mencari jalan lain. Hal ini karena jembatan tersebut merupakan akses satu-satunya.

Baca Juga: Pernah Ada Kecelakaan, Tiga Jembatan di Takokak Butuh Perhatian

“Jembatan penghubung rusak total terbawa longsor dan aliran sungai. Sehingga akses jalan terhambat dan warga yang menggunakan kendaraan tidak bisa melaluinya,” kata Iwan beberapa waktu lalu.

Iwan menjelaskan, ambruknya jembatan tersebut akibat debit air hujan yang besar. Selain itu, adanya longsoran tanah juga membuat jembatan putus dan terbawa arus sungai.

“Karena hujan terus menerus, air sungai Cikurutug meluap serta longsoran tanah. Sehingga menyebabkan jembatan putus dan terbawa arus sungai,” ungkap dia.

Iwan menambahkan, siang tadi masyarakat bersama perangkat desa dan muspika membuat jembatan sementara secara swadaya dari Bambu.

Baca Juga: Jembatan Ambruk Diterjang Banjir di Cianjur, Aktivitas Warga Terganggu

Saat ini Pemkab Cianjur tengah berupaya membangun kembali jembatan penghubung di Cikurutug yang sempat hancur itu agar dapat masyarakat gunakan kembali.

“Tapi Alhamdulillah tadi siang Jembatan ambruk ini ini ditinjau oleh pihak Bupati Cianjur dan didampingi Kalak BPBD Cianjur,” pungkasnya. (ren)

Berikan Komentar Kalian

Back to top button