Today

Jualan di Pinggir Rel Kereta Api Ciranjang, Puluhan Pedagang Ditertibkan

CIANJURTODAY.COM, Ciranjang – Puluhan pedagang yang mangkal di pinggir rel kereta api Cianjur – Ciranjang ditertibkan, Kamis (8/4/2021) pagi. Penertiban ini dilakukan PT KAI Daop 2 Bandung yang didampingi Polsek dan Koramil Ciranjang, Dishub, serta Satpol PP.

Jalannya penertiban terhadap 75 pedagang di pinggir rel kereta api Ciranjang itu berjalan lancar dan tertib tanpa adanya perlawanan. Pihak PT KAI jauh sebelumnya sudah memberikan surat peringatan.

Kepala Stasiun Ciranjang, Alam (40) menjelaskan, menjamurnya para pedagang di pinggir rel kereta api Cianjur – Ciranjang itu terjadi sejak kebakaran Pasar Ciranjang. Tak sedikit pedagang dadakan datang ke lokasi yang berada antara Kampung Sukasari dan Kampung Pasir Asem Ciranjang itu.

Dampak menjamurnya pedagang di pinggir rel bukan hanya masalah sampah, tetapi juga berdampak pada perjalanan kereta api. Maka dari itu dilakukan penertiban.

“Awalnya pedagang hanya di pinggir pinggir, ternyata ke sini banyak jadi permanen mengurangi jarak pandang masinis terhadap sinyal. Akhirnya kesepakatan bersama ditertibkan,” paparnya kepada wartawan, Kamis (8/4/2021).

Sementara itu, salah seorang pedagang sayur bernama Usep Solihin (57) menjelaskan, ia berjualan di pinggir rel karena di dalam pasar sepi pembeli. Ia mengaku ikut-ikutan dengan pedagang lainnya yang lebih dulu berjualan di sana.

Namun setelah adanya surat pemberitahuan dari PT KAI bahwa akan dilakukan penertiban pedagang di pinggir rel kereta api, ia langsung membongkar lapak sendiri dengan sadar. Solihin saat ini akan membangun lapak di lingkungan pasar yang lokasinya telah disediakan UPTD Pasar Ciranjang.

“PKL yang berjualan di pinggir rel kereta api kurang lebih 75. Sekitar 30 orang PKL lapaknya dibongkar sendiri, sadar,” tambahnya.(asi/rez)

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button