TodayTrending

Kabar Duka, Dorce Gamalama Meninggal Dunia karena Covid-19

CIANJURTODAY – Dunia hiburan tanah air kembali berduka. Artis multi talenta, Dorce Gamalama meninggal dunia pada Rabu (16/2/2022) pagi.

Hetty Soendjaya selaku sahabat Dorce mengonfirmasi hal tersebut.

BACA JUGA : Kabar Duka, Pelawak Omaswati Meninggal Dunia

“Iya benar, tadi jam setengah 8 (pagi) meninggalnya di Rumah Sakit Simprug,” ujar Hetty.

Hetty mengatakan, Dorce meninggal dunia karena Covid-19 dan saat ini jenazah masih dalam penanganan pihak rumah sakit.

Hetty Soendjaya dan keluarga belum bisa memastikan di mana jenazah Dorce Gamalama akan dimakamkan karena harus mengikuti protokol Covid-19.

Sebelumnya dalam pemberitaan, selama beberapa bulan ini Dorce bolak-balik mendapat perawatan di rumah sakit karena diabetes.

Kondisi kesehatan Dorce sempat menurun pada Oktober 2021. Dorce tidak bisa berjalan sehingga harus mengenakan kursi roda.

Selain itu, diagnosa dokter menunjukkan Dorce menderita alzheimer. Penyakit itu membuat ingatan Dorce terganggu. Ucapannya juga kerap melantur.

Sejak sakit, sejumlah rekan artis silih datang berganti menjenguk Dorce di rumah sakit.

Meski sakit, Dorce memiliki semangat untuk sembuh yang cukup tinggi. Bahkan, ia sempat syuting video musik.

Namun, takdir berkata lain, akhirnya Dorce Gamalama pun meninggal dunia dalam usianya yang ke-58 tahun.

Profil Dorce Gamalama

Melansir Detikcom, Dorce Gamalama lahir dengan nama asli Dedi Yuliardi Ashadi pada 58 tahun lalu. Dorce muda terkenal sebagai pembawa acara, penyanyi, dan aktris.

Panggilan Dorce berawal dari Myrna yang memimpin tari waria Fantastic Dolls. Hingga akhirnya dia memilih untuk melakukan operasi kelamin di Surabaya pada 1983.

Pada medio 1990, Ia mulai mendapat banyak job di dunia hiburan. Dorce punya dua film yang membuatnya jadi bintang utama, yakni Dorce Sok Akrab dan Dorce Ketemu Jodoh.

Dia juga pernah masuk dapur rekaman dan meluncurkan single berjudul Cinta Kendur di Jalan. Saking multitalentanya, Dorce Gamalama mampu menyanyikan lagu dengan berbagai genre mulai dari jazz, cha-cha, rock, pop, dan dangdut.

Ia juga mahir menyanyikan lagu dalam bahasa seperti, Inggris, China, Arab, dan India. Dorce pun sempat bergonta-ganti nama panggung.

Nama panggung yang masyarakat kenal ada banyak, mulai dari Dorce Gamalama, Bunda Dorce, dan Dorce Gamalama Halimatussadiyah. Pada 2005 Dorce pernah booming dengan Dorce Show dan membuat ia mendapat julukan Oprah Winfrey Indonesia.

Kemudian pada 2009 dia membawakan D’Show. Beberapa acara juga pernah dia bawakan seperti Kencan.

Dorce bahkan mencatatkan namanya dalam rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) lantaran berhasil meluncurkan sembilan album sekaligus hanya dalam waktu lima bulan sejak November 2005 hingga Maret 2006.

Untuk urusan pribadinya Dorce disebut pernah menikah dan punya anak adopsi, yaitu Rizky, Fatimah, dan Khadijah. Hingga akhir hayatnya, Dorce Gamalama aktif dalam kegiatan sosial dan mengurus Yayasan Dorce Halimatussa’diyah.

Dorce meninggal dunia di RSPP Simprug karena Covid-19. Sebelumnya, dalam kondisi sudah berada di kursi roda, Dorce sempat membuat heboh lantaran meminta bantuan pada Presiden Joko Widodo hingga Megawati.

(sis/bbs)

Berita terkait

Berikan Komentar Kalian

Back to top button