Nasional

Kalender Suku Maya Bikin Heboh, Sebut Kiamat Terjadi Hari Ini

CIANJURTODAY.COM – Heboh, kalender Suku Maya mengklaim dunia berakhir atau kiamat terjadi pada Minggu, 21 Juni 2020 hari ini. Kiamat yang ditunjukan kalender suku maya kini dikaitkan dengan pandemi Covid-19 atau virus corona.

Beragam permasalahan akibat pandemi Covid-19 bermunculan satu per satu. Keresahan sosial, ketegangan geopolitik, hingga bencana penerbangan di berbagai negara.

Berdasarkan laporan Al Arabiya, kalender Suku Maya mempercayai 2020 sebagai tahun terburuk untuk umat manusia dalam kehidupannya.

Apa Itu Kalender Maya?

Kalender Maya merupakan sistem alternatif perhitungan waktu bagi kalender Gregorian.

Kalender itu digunakan sebagian besar orang di dunia, serta sistem lain seperti kalender Islam atau kalender Julian. Disusun peradaban Maya, sebuah istilah yang merujuk pada orang-orang yang menduduki daerah di Amerika Tengah, di Guatemala, Belize modern. Lalu, Meksiko tenggara, Honduras barat, dan El Savador sebelum adanya penjajah dari Benua Biru.

Sementara bangsa Eropa menaklukkan bangsa Maya dan memusnahkan mayoritas bukti sejarah mereka. Pada tahun 1990-an, para arkeolog mulai mengumpulkan lebih banyak ilmu pengetahuan sistem kalender peradaban.

Perbedaan kalender Maya dengan kalender Gregorian atau Islam adalah, kalender Maya tidak secara langsung didasarkan siklus bulan atau matahari. Namun, mereka memiliki tiga kalender dengan tujuan yang berbeda.

Kalender Maya jangka panjang ialah kalender yang sudah menggaet perhatian para ahli teori Kiamat. Banyak orang percaya pada akhir bencana untuk seluruh kehidupan di muka Bumi.

Berdasarkan bacaan mereka tentang kalender dan interpretasi kepercayaan Maya di “zaman dunia,” alender mengatakan bahwa dunia akan berakhir pada Desember 2012, tanggal yang menandai akhir dari siklus panjang 5.126 tahun.

Namun, prediksi mereka salah. Pekan lalu seorang ilmuwan yang dituduh sebagai ahli teori konspirasi mengecek ulang kalender dan menyarankan tanggal yang tepat akhir dunia yaitu sebenarnya pekan ini.

Akan tetapi, banyak ahli yang khawatir memakai kalender Maya guna menghitung kiamat, terlepas dari tanggalnya.

Sementara Direktur Divisi negara Bagian Chiapas dari Institut Antropologi dan Sejarah Nasional Meksiko, Emiliano Gallaga Murrieta mengatakan, hal ini seperti penanggalan untuk orang Tiongkok.

“Ini seperti untuk orang Tiongkok, ini adalah Tahun Kelinci dan tahun berikutnya adalah Tahun Naga, dan tahun berikutnya akan menjadi hewan lain dalam kalender.” katanya

Hingga saat ini, belum ada pemimpin dunia yang berkomentar tentang kiamat yang diperikirakan akan terjadi berdasarkan Kalender Suku Maya ini.(afs/rez)

Sumber: Pikiran Rakyat

Baca Selengkapnya

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button
Close
Close

Dukung kami dengan Matikan Adblock

Please consider supporting us by disabling your ad blocker