Today

Kali Meluap, Alun-alun Cianjur Banjir

CIANJURTODAY.COM, Cianjur – Alun-alun Cianjur banjir. Penyebabnya diduga karena kali Ciraden yang meluap saat hujan pada Selasa (27/8/2019) malam.

Selain membanjiri alun-alun, air juga menggenang sebuah yayasan dan sekitaran Jalan KHR. Muhammad Isa Al-Kholidi, Kelurahan Pamoyanan, Kecamatan Cianjur.

Ketua RT 02 Kampung Gedong Asem, Dede, mengungkapkan luapan ini terjadi pada pukul 19.00 WIB. Luapan menyebar ke Yayasan Pendidikan Islam Riyadhul Muttaqin Gedong Asem kemudian mengalir ke wilayah utara Alun-alun Cianjur.

“Sekitar jam 7 malam. Terus pertamanya air meluap ke yayasan dulu, baru makin besar air masuk ke alun-alun,” ucapnya saat diwawancara, Rabu (28/8/2019).

Selain itu, Dede mengatakan kejadian tersebut merupakan kali pertama setelah ada sebuah proyek yang akan di bangun di lokasi tersebut. “Kalo kali sampai ujungnya lancar, gak akan kayak gini. Ini pertama kali setelah ada proyek,” sambungnya.

Dede menuturkan, ia dan pihak yayasan telah mengirimkan foto-foto terkait banjir tersebut kepada Plt. Bupati Cianjur. Kemudian, ada peninjauan dari pihak pemerintah namun belum bisa diantisipasi sekaligus.

“Saya selaku RT di sini yayasan juga ngasih tahu sama saya. Langsung ngirim foto ke Bupati agar dikerahkan instansi yang berkaitan dengan ini. Alhamdulillah semalam juga ada kontrol, tapi tidak bisa diperbaiki karena harus dibongkar dulu ujung kalinya,” tuturnya.

Luapan air baru bisa surut sekitar pukul 01.00 dini hari tadi. Saat ini pihak Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman, dan Pertahan (DPKPP) tengah berusaha membersihkan sisa-sia air dan lumpur yang ada di sekitar alun-alun Cianjur yang banjir dan yayasan.

Sampai berita ini diturunkan, belum ada keterangan lebih lanjut dari pihak Pemerintah Kabupaten Cianjur terkait luapan air dari saluran kali Ciraden tersebut.(ct1)

Reporter: Afsal Muhammad
Editor : M Reza Fauzie

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button