JABAR

Kamera Direbut, Kaki Reza Diinjak, Prima Disekap

CIANJURTODAY.COM, Bandung – Kekerasan terhadap jurnalis terjadi saat peringatan Hari Buruh Internasional di Gedung Sate, Bandung, Rabu (1/5/2019). Kejadian itu menimpa fotografer Tempo, Prima Mulia dan jurnalis freelance, Iqbal Kusumadireza alias Reza.

Saat itu, Reza dan Prima berkeliling sekitar Gedung Sate memantau kondisi pergerakan massa buruh yang akan berkumpul di sana, sekitar pukul 11.30. Keduanya melihat ada keributan antara polisi dengan massa yang didominasi berbaju hitam.

Mereka mengaku melihat massa berbaju hitam tersebut dipukuli polisi, keduanya pun langsung mengarahkan kameranya ke kejadian tersebut.

Setelah pindah lokasi untuk mengabadikan gambar yang lain, Reza tiba-tiba dipiting oleh seorang anggota polisi. Menurutnya, polisi tersebut dari satuan Tim Prabu Polrestabes Bandung yang diduga menggunakan sepeda motor Klx D 5001 TBS.

Reza dibentak dengan pertanyaan “dari mana kamu?” dan langsung langsung menjawab “wartawan”, sambil menunjukan id card persnya. Polisi tersebut malah mengambil kamera Reza sambil menginjak lutut dan tulang kering kaki kanannya berkali-kali.

“Sebelum kamera diambil juga udah ditendang-tendang. Saya memepertahankan kamera saya. Sambil bilang saya jurnalis,” kata Reza seperti diberitakan Tribun Jabar.

Polisi tersebut langsung menghapus sejumlah gambar yang sudah diabadikan Reza.

Sedangkan Prima Mulia mengalami hal yang sama, namun tidak mendapat kekerasan fisik. Prima mengaku disekap tiga polisi, diancam, dan foto-fotonya dihapus. Bahkan ada salah satu polisi yang mengatakan “Mau diabisin?”

Sementara itu Kapolrestabes Bandung, Kombes Pol Irman Sugema, mengatakan dirinya akan memeriksa kebenaran kabar tersebut.

“Tadi memang banyak yang menggunakan pakaian hitam-hitam, memegang kamera dan mengaku wartawan. Jika ada info dugaan kekerasan terhadap wartawan, nanti saya akan periksa kebenarannya. Nanti dikoordinasikan,” paparnya. (rez/bbs)

Sumber: Kronologis Kekerasan Terhadap Jurnalis Saat Peringatan May Day di Bandung, Soal Dugaan Tindak Kekerasan Terhadap Wartawan di Bandung, Begini Kata Kapolrestabes Bandung

Baca Selengkapnya

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button
Close
Close

Matikan Blok Iklan Untuk Melihat Berita Kami

Dukung Kami Dengan Tidak Menutup Iklan